Latest News

5 Destinasi Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Hari Pahlawan di Surabaya



Wisata Malang - Hari pahlawan yang tepat jatuh di tanggal 10 November, berawal dari peristiwa yang terjadi pada tahun 1945 silam. Tepatnya Pertempuran Surabaya yang melatarbelakangi peringatan hari pahlawan tersebut. Tak heran, apabila di Surabaya juga terdapat beberapa tempat serta infrastruktur yang merupakan jejak peninggalan perjuangan warga Surabaya ketika melawan pasukan sekutu. Berikut beberapa tempat yang bisa Sobat kunjungi di Surabaya saat hari pahlawan:

1.Tugu Pahlawan

Salah satu monumen terkenal yang banyak diperbincangkan, yaitu Tugu Pahlawan. Monumen yang berada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya khusus dibangun untuk mengenang peristiwa 10 November 1945. Monumen dengan tinggi 41,15 meter atau setara dengan 45 yard untuk melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia. 


Tugu ini dibangun dengan 10 lengkungan yang dibagi atas 11 ruas sebagai simbol Hari Pahlawan. Selain itu, Tugu Pahlawan semakin bersejarah karena diresmikan oleh Presiden Pertama Indonesia, yaitu Ir.Soekarno pada tanggal 10 November 1952 silam. Kemudian, baru dilakukan berbagai perbaikan dan pembangunann fasilitas pendukung lainnya, seperti Museum Sepuluh Nopember yang berisi replika ilustrasi pertempuran Surabaya.

2.Benteng Kedung Cowek

Dari namanya yang terdengar unik, tetapi bangunan ini menjadi benteng peninggalan Belanda di daerah Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Menurut penelitian serta pengujuan material yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya, benteng tersebut diduga berdiri tahun 1915 dan berusia lebih dari 100 tahun. Benteng ini adalah markas pasukan Sriwijaya yang dibentuk oleh sejumlah pemuda guna melawan tentara Belanda. Tempat ini pun tidak jauh dari Selat Madura yang bisa Sobat kunjungi juga.

3.Gedung Internatio

Gedung yang menjadi markas tentara Inggris ini berdiri sejak 1927 dann jatuh ke tangan tentara sekutu di November 1945. Gedung Internatio terletak di Krembangan Selatan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. Awalnya tempat ini bernama Internatio Willamplein, juga berada tak jauh dari Jembatan Merah dan Jembatan Merah Plaza.


4.Jembatan Merah

Tak jauh berbeda dengan Monumen Tugu Pahlawan, jembatan ini berwarna merah ini juga mempunyai peran penting di masa pendudukan VOC di Surabaya. Dulunya Jembatan Merah menjadi infrastruktur yang menghubungkan Kalimas dengan Gedung Karesidenan Surabaya. Serta menjadi kawasan perniagaan karena ada perjanjian Paku Buwono II serta VOC di 11 November 1743. Jembatan yang dulunya terbuat dari kayu ini, kini sudah diganti menjadi besi.

5.Hotel Majapahit

Dari namanya seperti kerajaan terbesar di Indonesia ini, juga menyimpan sejarah besar tentang perobekan bagian warna biru dari bendera Belanda menjadi Bendera Warna Merah Putih. Hotel yang awalnya bernama Hotel Yamato ini berdiri pada tahun 1910. Hotel ini berada di Jalan Tunjungan Nomor 65, Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Demikianlah 5 tempat wisata di Surabaya yang bisa Sobat Traveler kunjungi di Hari Pahlawan. Tempat bersejarah tersebut sangat cocok untuk mengenang jasa para pahlawan. Nah, Sobat Traveler sudah berkunjung ke tempat yang mana, nih?
 
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

1 komentar:

  1. saya sih di surabaya lagi kepengen kelilingan buat nyari kulinerannya

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877