Latest News

WISATA
KULINER

TIPS WISATA

KOTA MALANG

KOTA BATU

KABUPATEN MALANG

Recent Posts

5 Resto Korea di Malang






Wisata Malang - Hal-hal yang berbau korea telah menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu sampai sekarang ini. Seiring menjamurnya girlband, boyband bahkan sampai dengan dramanya yang menghipnotis remaja Indonesia. Tidak hanya remaja saja yang terhipnotis bahkan anak-anak dan orang dewasa juga ikut megidolakan hal-hal yang berbau negeri gingseng yang satu ini. Wajah artis korea yang tampan dan cantik membuat siapa saja mengidolakannya. Tidak heran banyak produk kecantikan korea yang beredar luas di pasaran.

Sebagai seorang fans, tentu kita akan mengikuti gaya hidup dari artis yang kita idolakan walaupun tidak sama persis. Mulai dari gaya berpakaian sampai dengan makanannya yang ingin ditiru agar sama dengan sang idola. Tidak heran, banyak restoran yang menyajikan makanan korea yang telah banyak tersebar. Bagi kalian yang ingin mengunjungi Malang, tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi makanan khas korea karena di Malang juga ada beberapa tempat makan yang menyajikan Korean food. Nah, berikut ini 5 Resto Korea yang ada di Malang.
Sumber : Foody.id

1. Kimbap Rina ( Kirin )
Pecinta k-pop yang ada di Malang sudah pasti akan kenal rumah makan yang satu ini. Kimbap Rina sudah cukup tenar dikalangan masyarakat Malang maupun yang ada diluar Malang. Kedai yang satu ini memang tidak terlalu luas, namun sederet menunya akan menggoda selera kalian. Disini kalian juga akan mendengar lantunan lagu k-pop terbaru yang akan memanjakan telinga kalian. Kirin menyajikan menu makanan ala korea mulai dari kimbap, kimchi, dakgalbi, tteokbokki dan lainnya. Untuk masalah harga, kalian tida perlu khawatir karena harga yang ditawarkan cukup murah dan tidak akan menguras dompet kalian. Harganya hanya berkisaran Rp 18.000 sampai Rp 27.500 per porsi. Untuk alamatnya, Kirin berada di jalan Kalpataru No.40 Malang.


2. Urban pop
Urban pop menyajikan aneka jenis kuliner ala Korea. Menariknya makanan dan minuman di sini disajikan dengan cara yang unik. Ruangan makanannya juga dihiasi oleh foto-foto artis Korea. Nah, soal menunya Urban pop menyajikan menu utama yaitu kimbap dan rice ball yang bisa dipadukan dengan beberapa menu lainnya. Selain itu juga terdapat berbagai menu lainnya seperti ramyeon, desert, pasta dan bahkan juga ada Korean Chicken Ring yang menjadi serbuan para pelanggan yang datang. Harga yang ditawarkan untuk setiap menu berkisaran mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20.000 saja. Alamat rumah makan yang satu ini berada di jalan Danau Maninjau Raya No. 85 Sawojajar, Malang.

Baca Juga :7 Makanan Khas Malang yang Wajib Kamu Coba



3. Bingso
Bingso merupakan kafe yang memiliki menu andalannya yang bernama Patbingso. Yah, patbingso sendiri merupakan desert ala korea yang terbuat dari kacang merah. Namun, sekarang ini untuk penyajian Patbingso sendiri dikreasikan dengan menambah ice cream, yogurt, susu kental manis, dan aneka buah lainnya yang membuat tampilan patbingso terlihat lebih beragam. Bingso sendiri menyajikan menu patbingso yang beragam, mulai dari patbingso vanilla, green tea, chocolate, dan lainnya. Selain itu, kalian juga dapat menyicipi aneka Hwachea. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp 10.000 sampai dengan Rp 17.000 saja kalian dapat menikmati menu ini. Kafe yang satu ini berlokasi di jalan Bendungan Sutami No. 74, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.





4. Aventree BBQ Resto dan Homestay
Untuk kalian pecinta korea, tempat makan yang satu ini bisa kalian kunjungi. Hiasan ruangan Aventree BBQ Resto dan Homestay memilih foto tempat yang terkenal di Korea seperti Pulau Jeju. Kursi dan mejanya terbuat dari kayu dengan dilengkapi oleh beberapa sofa. Jika kalian ingin memanggang sendiri seperti yang biasanya ada di drama korea, kalian dapat memilih meja yang ada alat panggangnya. Jadi seperti sedang ada di restoran korea sungguhan kan? Hehe. Untuk makanannya sendiri, sama seperti rumah makan yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa menu makanan khas korea. Mulai dari kimbap sampai dengan ramyeon.


5. Hooset resto
Menu andalan resto yang satu ini ialah Jjajangmyeon dari Korea Selatan. Untuk kalian para pecinta drama Korea pasti sudah sering melihat adegan dimana sang aktor memakan Jjajangmyeon. Nah, di resto ini kalian akan mencicipi sensasi memakan Jjajangmyeon. Selain itu, juga ada Kimbap yang ditata secara rapi. Alamat resto yang satu ini berada di jalan Simpang Raya Langsep, Klojen, Malang.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



7 TAMAN KOTA YANG UNIK DI MALANG









Wisata Malang - Hai teman-teman pasti kalian sudah tidak asing lagi dong dengan Kota Malang, iyaps selain warganya yang ramah Kota Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk, bersih, dan asri. Untuk menunjang kegiatan warga Kota Malang, maka dibangunlah beberapa taman-taman dengan konsep yang unik dan dapat menjadi pilihan wisatamu saat akhir pekan. Taman-taman itu di antaranya adalah :

Baca juga:5 Taman Cantik di Malang




1. Taman Merbabu atau Taman Nivea

Taman Merbabu atau yang biasa disebut dengan Taman Nivea terletak tidak jauh dari Pasar Oro-Oro Dowo. Yang unik dari taman ini adalah adanya area pasir pantai dengan berbagai mainan yang bisa dicoba tidak hanya untuk anak-anak saja, tapi juga bisa dimainkan oleh orang dewasa. Oh ya taman ini juga memiliki lapangan sepak bola untuk anak-anak. Taman Merbabu di Malang ini tergolong wisata taman baru dan belum cukup popular di kalangan masyarakat Malang, namun taman yang berada di tengah keramaian kota yang kian padat penduduk dan fasilitas umum bisa memenuhi kebutuhan para pengunjungnya, bisa dijadikan sebagai referensi wisata pada akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta.




2. Hutan Kota Malabar

Taman Hutan Kota Malabar terletak tidak jauh juga dengan Pasar Oro-Oro Dowo. Awalnya, taman ini memang berupa hutan yang terdiri dari pepohonan rindang. Kemudian disulap sedemikian rupa menjadi lokasi nongkrong romantis yang tetap meninggalkan suasana hutannya yang asri. Begitu masuk ke dalam taman tersebut, suasana asri langsung merasuk ke dalam jiwa. Dingin dan sejuknya hawa khas Kota Malang seolah menusuk kulit saat berdiri di bawah pepohonannya yang rindang. Saat menyusuri jalanan setapak berpaving, rasanya seolah berada di tengah belantara. Kicau burung yang berpadu dengan suara serangga menambah harmonisasi yang tercipta di telinga kita.




3. Taman Slamet

Taman Slamet terletak dekat dengan Perpustakaan Pusat Kota Malang tepatnya masuk ke dalam lingkungan perumahan di wilayah Kelurahan Gading Kasri, sehingga cukup tersembunyi. Hal yang cukup unik dari taman ini adalah terdapat beberapa alat gym yang bisa dipakai para pengunjung, sehingga taman ini menjadi taman incaran anak muda dalam menyalurkan hobi nongkrong, foto-foto serta berolahraga. Taman ini menarik untuk dikunjungi, baik saat pagi hari maupun malam hari.









4. Taman Buring

Taman Buring terletak di Jalan Buring Kota Malang. Taman Buring ini letaknya juga tidak jauh dari Jalan Ijen dan Gereja Ijen, jadi pasti tidak sulit untuk ditemukan. Untuk masalah kebersihan, Taman Buring selalu dijaga kebersihannya, jadi pengunjung bisa lebih nyaman saat mengunjungi taman ini.
Yang membuat taman ini tidak kalah unik dari taman-taman lainya adalah adanya labirin kecil serta monumen musik di tengah-tengah taman yang bisa digunakan juga sebagai objek foto.



5. Alun-alun Kota Malang

Lokasi dari alun-alun ini berada tepat di depan Masjid Agung Jami’ Kota Malang yang berada di sebelah barat alun-alun tepatnya di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen yang diapit oleh 4 ruas Jalan Merdeka yaitu Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan. Wajah baru alun-alun Kota Malang ini akan membuat kita betah berlama-lama di sana. Selain terletak di jantungnya Kota Malang, tempat ini memiliki banyak titik foto yang bagus dan menarik. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai spot historik Kota Malang, seperti Gereja Kayu Tangan sampai Toko Oen, karena letaknya cukup dekat dengan alun-alun ini.


Baca juga:8 Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Malang




6. Alun-alun Tugu Malang

Jika kamu pergi ke Malang naik kereta api dan turun di Stasiun Kota Baru, kamu akan bisa melihat Alun-alun Tugu ini begitu keluar dari stasiun. Alun-alun ini terletak di depan Balai Kota Malang. Di dekatnya ada bus tingkat yang bisa kamu naiki di hari-hari tertentu saja. Suasana di malam hari jadi favorit warga setempat karena lampu-lampu tamannya yang indah, dengan bentuk-bentuk yang unik dan lucu.



7. Taman Trunojoyo Malang

Lokasi Taman Trunojoyo Malang dekat dengan Stasiun Kota Baru Malang tepatnya di Jl. Trunojoyo, Klojen. Karena taman kota ini berdekatan dengan beberapa sekolah dan lembaga bimbingan belajar, kamu akan menemukan banyak kuliner enak dan jajanan-jajanan unik di sekitarnya. Ada pula air mancur yang membuat suasana jadi semakin asyik. Konsep Taman Trunojoyo di Kota Malang ini adalah ruang terbuka yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Bangku taman tersebar di seluruh area, sementara playground ada di mana-mana.

Baca juga:3 Surga bawah laut di Malang

Nah, itulah taman-taman di Malang yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Cukup menarik dan unik bukan?? Selama cuaca dan kondisinya sangat mendukung, sempatkanlah untuk menjungi taman-taman tersebut untuk menciptakan momen wisata yang sederhana tapi asyik.






Makan Murah di Bakso Jamur Puyuh Keju







Wisata Malang - Malang memang terkenal dengan baksonya yang mempunyai rasa khas. Baksonya pun beragam rasanya. Saya sendiri yang sudah dari lahir tinggal di Malang, sudah mencicipi berbagai rasa bakso khas dari berbagai daerah yang ada di Malang. Baru-baru ini di dekat rumah saya ada pedagang bakso yang unik. Awalnya saya mencoba mencicipinya, namun akhirnya ketagihan. Yah, nama bakso tersebut Bakso Jamur Puyuh Keju. Walaupun masih berjualan dengan keliling kampung saja, namun pembeli bakso yang satu ini sudah banyak. Bakso ini mulai beroperasi sekitar bulan Juli lalu.


Bakso yang satu ini tidak boleh disepelekan loh. Rasanya yang khas membuat banyak orang ingin mencicipinya. Untuk harganya? Sudah pasti bersahabat ya. Untuk satu porsinya cukup dengan membayar Rp. 10.000 saja. Dalam satu porsi, kalian akan mendapatkan satu bakso jamur, satu bakso telur, satu bakso keju, dua tahu kuning, satu tahu putih, gorengan serta mie dan sayuran. Satu porsi saja langsung kenyang sampai berjam-jam ya 

Doc. Pribadi

Kenapa saya mengatakan bahwa bakso yang satu ini unik? Karena ada 3 jenis bakso yang dapat dinikmati. Ada bakso khusus dengan campuran jamur bagi yang suka dengan jamur. Jamur yang dipakai ini merupakan jamur kuping. Ada juga bakso dengan isinya telur puyuh dan juga keju. Jadi untuk yang punya alergi jamur, kalian tidak perlu memesan bakso jamurnya, kalian dapat pesan bakso puyuh, dan bakso kejunya saja.





Sayangnya penjual bakso ini jarang lewat di depan rumah saya, mungkin karena menelusuri daerah yang lain juga. Biasanya bakso ini lewat sekitar dua hari sekali sekitar jam 11 siang. Bakso ini juga tidak punya cabang lain, jadi kalau mau membelinya harus menunggu.



Sebenarnya banyak bakso jenis seperti ini di daerah Malang, namun karena lokasi saya yang jauh dari Malang kota jadi saya jarang mencicipi jenis bakso jamur yang satu ini. Untungnya ada bakso jamur keliling yang rasanya tidak kalah enak. Di dekat daerah rumah saya ini sudah banyak orang yang berjualan bakso, namun hanya bakso satu ini yang berjualan bakso 3 jenis.

Biasanya pedagang bakso ini akan berjualan di bawah pohon seberang jalan depan rumah saya. Jadi pas lagi makan akan ditemani dengan hembusan angin sejuk. Hehehe. Bapak yang jualan bakso ini juga orangnya ramah dan suka bercanda. Mungkin ini juga merupakan daya tarik orang untuk membeli selain rasa baksonya yang gurih dan enak.


Untuk yang porsi makannya banyak, kalian dapat menambah. Jika mau menambah 1 gorengan dihargai Rp 500 saja. Di sini juga disediakan lontong bagi kalian yang ingin lebih kenyang. Harga satu lontongnya dihargai dengan Rp. 1.000 saja. Wihh murah bukan? Bayangkan saya kalau kalian memakan 2 lontong dilengkapi dengan satu porsi Bakso Jamur Telur Puyuh? Bisa bisa langsung pingsan kekenyangan *lebay* wkwk 



Padahal saya sudah sering membeli bakso ini, tapi gak pernah tanya nama orangnya. Hahah. Tapi saya pernah nih tanya rumah bapak ini, dan ternyata rumahnya cukup jauh loh. Biasanya yang membeli bakso ini mayoritasnya bapak-bapak. Mungkin karena keramahannya, jadi banyak bapak-bapak yang jadi temannya sekaligus langganan baksonya, termasuk suami saya juga. Karena sudah sering beli bakso ini, biasanya dikasih potongan harga. Wihh jadi semangat belinya. Gimana? Penasaran sama Bakso Jamur Puyuh Keju? Kalau ke Malang tepatnya di Kepanjen, jangan lupa cari ya ^^

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



Makan Murah di Toon's Factory Kepanjen









Wisata Kuliner Kepanjen – Malang memiliki banyak tempat kuliner makanan. Salah satunya adalah Toon's Factory. Rumah makan kekinian yang berlokasi di daerah Kepanjen. Toon's sangat terkenal di kalangan pelajar lho. Dikarenakan menu makanan ayam pedas yang jadi unggulan di sini.


Baca juga: Hokben Sekarang Hadir di Soehat Malang Dengan Menu Baru Spicy Teriyaki

Fasilitas yang ada di Toon’s :

1. Tempat makan yang cukup luas, cocok buat makan bersama-sama.
2. Tempat parkir.
3. Free WiFi.

Source: Google

Di Toon’s ruangannya terjaga kebersihannya. Mulai dari tempat makan, tempat cuci tangan. Menu makanan yang ada di Toon’s juga bervariasi. Seluruh makanan di sini dijamin HALAL. Dijamin akan membuat Anda ketagihan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Di sini juga mengutamakan pelayanan. Karena misi di Toon's adalah pembeli adalah raja.

Menu yang ada di Toon’s :

1. 1 pcs Spicy Wings Rp 4.000,00.
2. 2 pcs Spicy Wings Rp 7.000,00.
3. 3 pcs Spicy Wings Rp 10.000,00.
4. 5 pcs Spicy Wings Rp 15.000,00.
5. Dada ayam Rp 9.000,00.
6. French Friesh Rp.6000,00.

Baca juga: Ayam Nelongso Kini Hadir di Kepanjen

Minum yang ada di Toon’s :
1. Ice Tea Rp 3.000,00.
2. Lemon Tea Rp 6.000,00.
3. Mineral Water Rp 1.000,00.
4. Vanilla Latte Rp 6.000,00.
5. Toon’s Milk Tea Rp 7.000,00.
6. Caramel Choco Milk Tea Rp 10.000,00.
7. Hazelnut Choco Milk Tea Rp 10.000,00.

Soal harga jangan ditanya lagi, karena di sini semua makanan harga bersahabat. Toon’s identik dengan menu ayam crispy. Yang membedakan dengan kuliner yang lain, Toon’s ditambah saus rasa pedas manis ditaruh di atas ayam crispynya sesuai level yang Anda inginkan. Dimulai dari level 0 sampai level 5 lho. Cocok buat pecinta pedas, wajib coba ayam di sini pokoknya!

Gimana? Apa kalian penasaran, yuk buruan datang ke tempat kami yang beralamatkan di Jalan Adi Santoso No.56A, Ardirejo, Kepanjen, Malang.

Baca juga: Rawon Brintik Malang yang Legendaris

Eits, kita juga bisa delivery order lho, bagi Anda yang lagi mager untuk keluar rumah, atau yang lagi ada acara dirumahnya bisa diantar sampai rumah ya, dengan ongkir menyesuaikan lokasi Anda bisa langsung hubungi kontak layanan customer Toon’s : 0838-4909-2099

JAM BUKA TONN’S MULAI SENIN SAMPAI MINGGU JAM 9.00-20.30

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.


Onsen Resort Malang, Tempat Wisata Ala Jepang






Sumber Google

Wisata Malang - Siapa yang tidak ingin ke negeri sakura yang sangat indah itu. Selain sebagai tempat wisata, banyak warga Indonesia yang datang ke Jepang untuk bekerja maupun menempuh pendidikan. Namun, jika kita ingin mengunjungi Jepang banyak persiapan yang harus dilakukan. Selain fasih berbahasa Inggris maupun bahasa Jepang, kita juga harus menyiapkan uang yang banyak. Hal tersebut dikarenakan biaya hidup di Jepang cukup mahal mulai dari pakaian sampai dengan makanannya. Nah, bagi kalian yang punya biaya minim tapi ingin menikmati suasana Jepang, Onsen Resort Malang jawabannya.

Baca Juga : Ekotisme Ubud Hotel and Villa di Malang

Kota Batu Malang memang mempunyai banyak wisata yang akan membuat siapa pun yang mengunjungi berdecak kagum. Sebelumnya juga ada resort yang bernuansa Jepang yang ada di Bandung. Tapi tidak hanya Bandung, Batu Malang juga punya. Onsen Resort Batu Malang merupakan resort nuansa Jepang satu-satunya yang ada di Malang. Terletak di Jalan Arumdalu, Songgokerto, tempat ini banyak dikunjungi walaupun baru buka pada tahun 2017. Nama Onsen sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu tempat pemandian air hangat. Memang tempat yang sangat terkenal di Onsen Resort Batu ini ialah pemandian air hangatnya. Disini kalian akan menikmati suasana udara yang sejuk, dengan pengunungan yang ditambah dengan hamparan sawah hijau. Semua yang ada diresort ini bernuansa ala Jepang, mulai dari bangunannya sampai dengan makanannya. Bahkan bagian penerima tamu juga berdandan ala Jepang dan berpakaian tradisional Jepang yaitu Kimono lengkap dengan aksesorisnya.



Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi pemandian air hangat tanpa harus menginap, juga bisa. Air hangat yang ada di kolam pemandian air hangat ini ternyata berasal dari sumber asli dari pengunungan di candi Songgoriti yang mengandung belerang. Tidak heran air yang ada di kolam ini berwarna sedikit kecoklatan. Suhu airnya mencapai 42 derajat celcius, tidak hanya untuk menghangatkan badan kalian saja, tapi juga bagus merawat kulit dan menghilangkan pegal-pegal. Bagi kalian yang hanya sekedar ingin menikmati sensasi pemandian air hangatnya saja tanpa menginap, kalian cukup dengan membayar tiket masuk sebesar IDR 50.000 saja. Di Onsen ini kalian juga dapat menyewa pakaian khas Jepang untuk berfoto. Untuk menyewa pakaian sekaligus didandani kalian harus membayar IDR 150.000 setiap orang untuk waktu 2 jam.

Sumber Google






Area sekitar resort ini juga bernuasa ala Jepang, di sini juga ada jembata tiruan yang sangat terkenal dengan atap-atapnya yang khas Jepang. Resort Onsent ini memiliki 25 Colleges yang terbagi atas 2 tipe yaitu tipe dua bedroom dan tipe tiga bedroom. Masing-masing colleges memiliki Onsen privat yang langsung menghadap paralayang yang ada di sekitar pengunungan. Jadi selama disini kalian akan merasa seperti dirumah sendiri. Selain itu juga dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap mulai Grand Ball Room dengan kapasitas 200 orang yang hampir 70 persen merupakan makanan khas Jepang seperti sushi. Tapi bagi kalian yang kurang menyukai masakan Jepang juga bisa menikamati makanan khas Indonesia seperti bakso dan nasi goreng.

Baca Juga : Paddy City Resort, Bernuansa Pedesaan di Tengah Kota Malang

Tadi saya sebelumnya sudah membahas jembatan khas Jepang. Nama jembatan tersebut ialah Shinkyo. Jembatan tersebut merupakan jembatan terbaik dan terkenal yanga ada di Jepang. Zaman dahulu, yang hanya boleh melewati jembatan tersebut hanyalah raja dan para jenderalnya saja. Bagi kalian yang ingin menikmati serta berfoto dengan jembatan Shinkyo, Onsen Malang juga punya tiruannya yang bisa dikatakan hampir mirip dengan yang aslinya. Jembatan ini membentang dengan indah sebagai penghubung menuju restoran Fushimi. Tidak hanya ada jembatan saja, bahkan kalian juga bisa menikmati upacara minum teh khas Jepang loh. Upacara ini biasanya lakukan di Jepang untuk menyambut para tamu. Dalam upacara ini, teh tidak langsung diminum melainkan harus melewati berbagai proses dan ritual terlebih dahulu.



Jadi kita tidak perlu jauh-jauh dan menghabiskan banyak uang untuk menikmati suasana ala Jepang. Di Indonesia juga banyak resort-resort yang mengusung tema negeri sakura tersebut salah satunya Onsen Resort yang ada di Batu Malang. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak untuk dapat menikmati sensasi serasa di negeri sakura. Hemat,bukan?

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.





3 Surga bawah laut di Malang






Wisata Malang - Siapa yang tidak akan takjub saat melihat keindahan bawah laut. Surga bawah laut yang terkenal di Indonesia ialah Raja Ampat di Papua. Ternyata selain Raja Ampat, Malang juga memiliki surga bawah laut yang tak kalah cantik juga. Malang memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang mengagumkan. Dikelilingi oleh gunung dan juga pantai-pantai yang indah, Malang menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Tidak hanya itu, makanan-makanan yang ada di Malang juga akan membuat Anda ketagihan.

Untuk Anda yang memiliki hobi snorkeling, Anda juga bisa mengunjungi kota yang satu ini. Di Malang Anda akan menemukan pantai-pantai yang indah. Tidak hanya pantainya, wisata bawah lautnya juga akan memanjakan mata Anda. Tidak heran banyak turis yang mengunjungi kota malang. Nah, berikut surga bawah laut yang ada di malang dan cocok untuk melakukan snorkeling :

1. Teluk Kletekan
Teluk Kletekan berada di wilayah desa Sidorejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Wisata teluk ini selalau ramai baik dihari biasa maupun hari libur. Tidak diragukan lagi, teluk ini memiliki pesona indah yang tiada duanya. Sangat disayangkan jika kalian mengunjungi Malang, namun tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Tidak hanya itu, Anda tidak perlu khawatir karena penduduk didaerah ini sangat ramah, baik pada wisatawan asing maupun wisatawan lokal.

Teluk ini memiliki banyak biota laut yang beragam. Tidak heran jika banyak orang yang akan melakukan snorkeling di teluk ini. Selain itu airnya yang sangat jernih dan bersih tidak akan membuat Anda kecewa saat sedang melakukan snorkeling. Kedalaman teluk ini sekitar 4-7 meter. Di kedalaman 7 meter, matahari masih mampu menyidari sampai dasar. Dengan begitu kalian akan melihat berbagai terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni menyambut Anda.

Sumber Google


2. Pantai tiga warna
Pantai yang satu ini memang menjadi andalan tujuan wisata saat sedang hari libur oleh masyarakat Malang. Bagaimana tidak, pantai yang satu ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Seperti namanya, pantai ini memiliki 3 warna yang berbeda. Warna pantai yang berbeda tersebut sesuai dengan kedalamannya. Walaupun pantai ini dibuka pada tahun 2014, namun wisatawan yang datang ke pantai ini tidak sedikit.

Untuk masuk ke pantai ini, kalian harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Untuk masuk ke pantai yang satu ini kalian cukup hanya menbayar sebesar Rp 5.000 per orang (jika tidak ada perubahan). Untuk biaya guide, Anda harus membayar sebesar Rp 100.000 per 10 orang untuk 34 jam. Di pantai ini, jumlah wisatawan juga dibatasi karena untuk menjaga kebersihan pantai tiga warna. Jika kalian yang mempunyai hobi snorkeling, Anda dapat menikmati keindahan surga bawah lautnya. Jika Anda tidak membawa peralatan snorkeling, Anda dapat menyewa peralatannya seharga Rp 15.000 per orang. Selama melakukan snorkeling Anda akan menikmati pemandangan terumbu karang yang lengkap dengan biota lautnya.




3. Pantai Bolu-Bolu
Pantai Bolu-Bolu merupakan tempat snorkeling yang cukup terkenal yang ada di Malang. Di pantai ini, pengunjung dapat snorkling secara langsung untuk melihat terumbu karang dan biota lautnya. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati air terjun Dampit. Lokasi pantai yang satu ini cukup unik, pasalnya untuk mencapai lokasi pantai ini pengunjung harus menaiki perahu dulu. Anda bisa melihat pemandangan tersebut diatas perahu, dan jika ingin lebih seru Anda dapat langsung menyelam melihat panorama bawah laut.

Pantai Bolu-Bolu terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang. Lokasi pantai ini terletak di dekat pantai Lenggoksono dan pantai Banyu Anjlok. Kedua pantai tersebut juga bagus, namun wisatawan yang mengunjungi pantai tersebut terlalu ramai. Jadi, bagi Anda yang ingin suasana yang sunyi untuk menikmati keindahan pantai maka alternatif yang terbaik ialah pantai Bolu-Bolu. Kondisi pantai ini masih bersih dan alami hal tersebut dikarenakan masih jarang yang mengunjunginya.







Gimana? Apa kalian ingin mengunjungi pantai dengan surga bawah lautnya yang indah? Kalian akan snorkeling ditemani dengan ikan-ikan yang cantik. Saat mengunjungi 3 pantai tersebut, kalian jangan membuang sampah sembarangan ya. Hal tersebut untuk menaga keindahan dan kealamian pantai-pantai tersebut.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



4 Kesenian Khas Malang yang Perlu Kamu Tahu







Wisata Malang - Malang tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan saja, ternyata Malang juga memiliki berbagai kesenian yang masih ada dan dipertahankan sampai sekarang ini. Tidak hanya dikenal di Indonesia saja, bahkan keseniannya juga sampai ke mancanegara. Bahkan setiap tahunnya diadakan festival untuk memperkenalkan kebudayaan Malang. Di Malang juga ada festival tahunan yang diadakan seperti festival Malang kembali yang digelar mulai 24-27 Mei 2012 yang tidak hanya memperkenalkan kuliner khas malang saja, tetapi juga kesenian khas Malang.

Sebagai penduduk Malang, saya juga sering mengikuti festival-festival yang ada. Biasanya sebelum maupun sesudah 17 Agustus, akan diadakan karnaval. Setiap warga sangat antusias dalam menyambutnya. Biasanya karnaval diadakan oleh warga, sekolah, organisasi maupun institusi. Sekolah-sekolah bahkan mengadakan karnaval dengan pesertanya murid, guru maupun karyawan sekolah. Karnaval diadakan di jalan raya, dan dibantu aparat kepolisian sehingga aman dan tertib. Selain karnaval, Malang juga memiliki berbagai kesenian. Berikut ini beberapa kesenian yang ada di Malang :

1. Batik Malang
Indonesia dikenal dengan berbagai batiknya yang indah. Salah satu batik yang terkenal ialah batik Malang. Sesuai dengan namanya, batik ini berasal dari Malang. Batik yang ada di daerah Malang berbagai macam bentuknya tergantung daerah batik itu berasal. Batik merupakan salah satu bentuk ekspresi kedaerahan yang melambangkan identitas daerah Malang. Batik Malang juga sering digunakan pada acara adat. Motif yang sering dipakai ialah motif batik Sido Mukti Malang.

Batik ini memiliki motif kotak putih bagian tengah yang sering disebut dengan modhang koro. Selain itu, ada juga batik motif Malang yaitu batik kembang kopi, kembang mayang, kembang jeruk dan masih banyak lagi. Batik motif Malang juga tersebut dibuat berdasarkan motif-motif candi seperti candi hindu peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan. Motifnya juga memiliki komposisi perpaduan motif di antaranya mahkota, mahkota, tugu, arca, bunga teratai dan masih banyak lagi.

Sumber Google





2. Ludruk Malang
Sejarah Ludruk Malang terlahir perlawanan di masa perjuangan oleh tokoh lakon. Ceritanya pun diangkat dari kisah perjuangan sehari-hari era perjuangan. Sekitar tahun 1930 di Malang berdiri ludruk Ojo Dumeh. Pada tahun 1950, ludruk menjadi penghibur utama yang ada di Malang. Pada tahun 1980, organisasi Ludruk sudah banyak yang berkembang. Namun, sekarang hanya tersisa beberapa organisasi Ludruk saja. Banyak seniman ludruk yang berganti profesi dan tempat pementasan yang minim. Walaupun begitu, di Malang masih tersedia beberapa organisasi yang masih bertahan hingga saat ini. Ludruk yang masih terkenal hingga saar ini ialah Armada yang berlokasi di Dampit. Saya sendiri yang sudah tinggal di Malang lumayan lama jarang menyaksikan Ludruk.
Sumber Google


3. Topeng Monyet
Siapa yang tidak kenal kesenian topeng monyet, tidak hanya di Malang saja, di beberapa daerah Indonesia juga ada topeng monyet. Tapi, topeng monyet yang ada di Malang berbeda dari yang ada di daerah-daerah yang ada di Indonesia loh. Yang berbeda ialah atraksi topeng monyet ini diadakan selalu pada hari minggu dan hari libur pagi. Peralatan yang digunakan hanya genderang kecil yang menjadi musik bagi si monyet dalam aksinya.

Atraksi ini dapat dilihat pada pagi hari libur di jalan besar ijen selama festival berlangsung. Kadang di depan rumah juga sering ada atraksi topeng monyet keliling, banyak anak-anak yang menikmatinya. Tingkah lucu monyet dalam melakukan atraksi seperti manusia terlihat sangat pas. Setelah atraksinya selesai, monyet akan meminta langsung bayaran kepada penonton. Namun, tidak perlu takut karena monyet tidak akan menyerang kok.

Sumber Tribun News


4. Topeng Malang
Topeng Malang dikenal sebagai perwakilan budaya Kota Malang. Topeng Malang digunakan sebagai penutup wajah yang digunakan dalam pertunjukan wayang topeng. Selain pertunjukan wayang topeng, topeng Malang juga digunakan dalam pergelaran tari topeng. Tari topeng mulai muncul tahun 1898. Beberapa ragam jenis topeng Malang yaitu hias urnan (pada bagian kening), dahi, dan jamang ( tutup kepala ). Bahkan di Malang sering diadakan festival yang akan menjual topeng Malang selama acara. Tapi, tidak perlu khawatir selain di acara festival, kalian juga bisa kok membeli topeng Malang untuk oleh-oleh.

Topeng Malang merupakan salah satu kesenian peninggalan nenek moyang yang tumbuh dan hidup di lingkungan masyarakat kota Malang. Bukan hanya sebagai hiburan saja, kesenian merupakan aset bangsa yang harus dipertahankan. Agar generasi berikutnya juga dapat menikmati kesenian tersebut.
Sumber Google

Nah, itu beberapa kesenian Malang yang masih bertahan. Gimana? Apa kalian pengen melihatnya langsung? Jika ke Malang sempatkan waktu untuk melihat kesenian-kesenian tersebut ya. Kesenian-kesenian seperti itu harus dipertahankan dan dilestarikan agar anak cucu kita dapat menikmatinya juga.
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.