Latest News

Mengulik Sejarah Kerajaan Kanjuruhan di Candi Badut



Wisata Malang - Ada banyak bangunan bersejarah di Indonesia yang masih tersimpan dengan apik, bahkan menjadi tempat wisata dan kebanggaan tersendiri, hingga dirawat dan dilestarikan sebagai budaya bangsa. Namun, sejarah ini menjadi kisah menarik untuk dijelajahi. Kerajaan Kanjuruhan sendiri tidak seterkenal Kerajaan Majapahit atau Kerajaan Singosari untuk masyarakat awam di Jawa Timur. Namun, ternyata Kerajaan Kanjuruhan adalah Kerajaan tertua di Jawa Timur, lho.

Dari namanya Kerajaan Kanjuruhan seakan berada di Kanjuruhan, Kepanjen, ya. Perlu kita tahu Kerajaan Kanjuruhan merupakan Kerajaan tertua di Jawa Timur yang terletak di Malang. Pasti tidak asing lagi untuk penggemar sejarah, Kerajaan ini mengalami kejayaan di masa kepemimpinan Gajayana.Saat itu wilayah yang dikuasai meliputi lereng timur dan barat Gunung Kawi, bahkan sisi barat kekuasaannya mencapai ke area Pegunungan Tengger Semeru. Kemudian ke sisi utara bahkan hingga mencapai pesisir Laut Jawa. Sementara di wilayah selatan kekuasannya mencapai pantai selatan Pulau Jawa.

Nama Kerajaan Kanjuruhan di bawah kepemimpinan Raja Gajayana menjadi inspirasi yang diabadikan untuk stadion Gajayana yang menjadi stadion tertua di Indonesia dan diabadikan stadion Kanjuruhan yang berada di Kepanjen, Malang sebagai kemasyhutan nama Kanjuruhan menjadi Kerajaan tertua di Jawa Timur. Apa saja sih peninggalan Kerajaan yang berada di Malang ini? Berikut peninggalan yang membuktikan keberadaannya:

Baca juga: Pesona 5 Candi yang Ada di Malang

1. Prasasti Dinoyo

Dalam catatan sejarah, Kerajaan Kanjuruhan umurnya sama dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Kerajaan ini terletak di aliran Kali Metro yang berada di lereng Gunung Kawi sisi Timur. Bukti keberadaannya ditemukan prasasti Dinoyo tahun 682 saka atau 760 Masehi. Prasasti ini ditemukan tak jauh dari Kali Metro. Prasasti ini menyebutkan ada raja bernama Dewasimha yang meninggal, lalu digantikan Sangat Liswa yang akhirnya mendapatkan gelar Gajayana.

Masa kejayaan Kerajaan ini saat dipimpin oleh Gajayana yang tak lama meninggal, kemudian dipimpin Pangeran Jananiya. Pangeran Jananiya merupakan menantu dari Raja Gajayana, ia menikah dengan Uttejana. Pasangan suami istri ini memimpin Kerajaan dengan bijaksana. Namun, Kerajaan Kanjuruhan mengalami kemunduran sekitar tahun 847 Masehi. Di mana Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah memperluas kekuasaannya, di bawah perintah Sri Maharaja Rakai Pikatan Dyah Saladu Kerajaan Mataram Kuno meluaskan kekuasaan hingga Jawa Timur. Wilayah yang dulunya menjadi kekuasaan Kerajaan Kanjuruhan dikuasai Kerajaan Mataram Kuno. Akhirnya, Kerajaan Kanjuruhan menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno.

2. Candi Badut

Meski Kerajaan Kanjuruhan telah musnah, peninggalan sejarah kejayaan Kerajaan Kanjuruhan masih ada di Malang Raya. Seperti Candi Badut yang ditemukan di dekat sungai Kali Metro, candi ini berada di daerah Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Baca juga: Candi Menara? Candi Singosari Jawabannya

Kini, Candi Badut menjadi bangunan bersejarah yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Candi Badut sendiri terbilang unik, berbeda dengan candi-candi lainnya yang berada di Jawa Timur yang umumnya dibangun menggunakan batu bata merah, sedangkan candi ini dibuat dengan batu andesit. 

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877