Latest News

Melihat Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu






Wisata Malang - Siapa sih yang nggak suka main ke tempat wisata. Apalagi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Pasti anak pecinta alam suka nih dengan wisata yang berhubungan langsung dengan alam. Siapa sih yang nggak suka berwisata ke air terjun? Aku aja suka kok :D hehe


Air Terjun Tumpak Sewu atau yang biasa disebut dengan coban sewu, Coban Tumpak Sewu, Coban Grojokan sewu ada juga yang menyebutnya Grojogan Sewu  adalah sebuah tempat wisata air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter.






Air terjun ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Air Terjun Tumpak Sewu berlokasi di pinggir jalan raya perbatasan kota antar provinsi. Tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Kalau Anda ingin ke lokasi ini Anda dapat menempuh dengan motor sekitar 1,5 jam dari Kota Malang/Lumajang. Kemudian masuk gang kurang lebih 100 meter. Namun untuk masuk ke gang ini hanya bisa dilalui untuk kendaraan roda 2 saja ya, untuk roda 4 sebaiknya memarkirkan kendaraannya sebelum memasuki gang.

Kalau Anda berangkat dari Kepanjen/Malang kamu bisa melaju menuju ke Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampilgading, kemudian lanjutkan perjalananmu hingga ada banner Coban Sewu dan ikuti petunjuk yang ada. Jangan sampai nyasar ya, kalau tidak tahu tanya kepada warga seitar, oke hehe



Kalau Anda berangkat dari Lumajang kamu bisa mengarahkan kendaranmu menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasiria-Candipuro-Pronojiwo, kemudian lanjutkan perjalananmu hingga melewati banner Gua Tetes. Lalu, ikuti saja petunjuk yang ada nanti juga aka nada petunjuk menuju Coban Tumpak Sewu.
Setelah Anda sampai di tempat tujuan Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Air terjun yang menawan ini menambah keindahan lokasi. Lebarnya air terjun ini mengingatkan pada Niagara Waterfall. Lokasi ke dua air terjun ini sama-sama berada di perbatasan. Bedanya kalau Air Terjun Tumpak Sewu ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang akan tetapi kalau Niagara Waterfall berada di perbatasan Negara Amerika Serikat dengan Negara Kanada.



Air Terjun Tumpak Sewu juga meiliki keunikan tersendiri yaitu bertipe plunge, yang berarti tidak bersentuhan dengan tebing dibaliknya. Jajaran air terjun yang jatuh di tebing tampak seakan-akan tirai tipis tembus pandang yang direngkuh oleh hutan hijau disekitarnya :D. Pemandangan yang luar biasa ini menjadi favorit orang-orang yang suka mendalami landscape photography.
Nah tempat ini juga cocok banget buat kalian pecinta selfie, pokoknya wajib selfie mah kalau ke sini :D. Tenang saja pemandangan di Air Terjun Tumpak Sewu ini akan tetap tampak luar biasa meskipun dilihat dari sudut manapun. Waw keren yah :D




Oh iya untuk tiket masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu ini adalah Rp.3000,00 (untuk ke spot foto) dan Rp.2000,00 (untuk biaya parkir). Nah, untuk masuk ke area air terjun anda harus membayar uang retribusi sebesar Rp.3000,00. Lumayan murah kan gaes dibandingkan dengan keindahan air terjun yang luar biasa ini.

All source pictures : Google

Gimana tertarik tidak untuk datang ke Air Terjun Tumpak Sewu ini?  Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



2 komentar:

  1. Tadi sampai baca 2x, beneran itu Rp 3000,-??
    Foto-foto air terjunnya, mengingatkan rumah Legolas yaaa

    BalasHapus
  2. Hehe cobain deh ke sana mbak :)
    Iya bener banget

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877