Latest News

Tempat Berburu Spot Foto di Malang






Wisata Malang -Libur telah tiba, libur telah tiba

Liburan telah tiba, apa kalian sudah punya rencana mau berlibur kemana? Untuk kalian warga Malang enggak perlu jauh-jauh untuk liburan. Karena di Malang juga ada loh tempat liburan yang instagramable yang membuat kamu jadi lebih hits. Kalian tidak perlu jauh-jauh dan pastinya tiket masuk di wisata ini itu murah loh. Dekat, murah, tidak mengeluarkan banyak uang, letaknya strategis, banyak spot foto yang instagramable kurang apa coba? hehe.

Kampung warna-warni Jodipan

Kampung yang terletak di kelurahan Jodipan, Blimbing, Kota Malang ini adalah kampung yang dulunya kumuh dan tak terawat sekarang telah disulap menjadi kampung yang indah, dan menarik banyak wisatawan baik wisatawan daerah maupun luar daerah. 8 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai oleh Nabila Firdausiyah telah mengubah kampung yang kumuh menjadi kampung yang berwarna-warni tentunya menjadi lebih hits.

Baca juga : Liburan Murah dan Menyenangkan di Malang


Sekelompok mahasiswa asal UMM ini mengikuti program corporate social responsibilities perusahaan cat yang membantu merubah kampung yang kumuh menjadi berwarna-warni. Awalnya mereka mendapatkan tugas praktikum Public Relations 2 dari dosennya lalu mereka bergabung dengan Guys Pro-lah, dari situlah mereka mendapatkan ide yang brilian yaitu merubah kampung yang kumuh dan menjadi kampung yang penuh warna.

Kampung Jodipan ini diresmikan tanggal 04 September 2016 oleh Walikota Malang yakni H. Mochamad Anton yang didampingi oleh Forkopimda Kota Malang, ketua TP PKK Kota Malang dan sekretaris daerah Kota Malang. Selain itu juga hadir Steven A Sugiharto, Vice President PT. Indana Paint dan Guys Pro selaku pencetus kampong warna-warni Jodipan ini. Setelah peresmian kampong ini banyak wisatawan yang mengunjungi untuk berburu foto selfie karena di kampung ini banyak sekali spot foto yang instragamable cocok buat kalian yang suka selfie.






Kampung Tridi

Selain kampung Jodipan yang penuh warna dan spot foto, kampung Tridi juga tak mau kalah dengan kampung Jodipan. Kampung Tridi adalah kampung yang berhadapan dengan kampung Jodipan, yang berada di kelurahan Kesatrian, Blimbing, Kota Malang menyuguhkan spot foto dengan lukisan-lukisan 3 dimensi. Ratusan rumah yang berada di sebelah utara sungai brantas itu dicat gambar 3 dimensi, mulai fasad, samping, hingga ruang tamunya. Sedangkan atapnya dicat warna-warni seperi di kampung Jodipan.

Setelah peresmian kampung Jodipan, pada tanggal 09 Oktober 2017 juga telah diresmikan sebuah jembatan kaca yang menghubungkan 2 kampung yaitu kampung Jodipan dan kampung Tridi karena terpisah oleh Brantas. Ide jembatan kaca ini datang dari Pemkot Kota Malang yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan PT. Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana).

Jembatan kaca mempunyai bentang total 25 meter, lebar 1,25 meter dan tinggi total dari dataran 9,5 meter. Kekuatannya mampu menahan beban hingga 50 orang atau setiap 1 meter persegi kaca temper mampu menahan beban sebanyak 500 kg. Biaya untuk pembuatan jembatan ini mencapai Rp. 1,25 miliar. Tak kalah dengan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi jembatan kaca juga menjadi spot foto yang cocok buat kalian yang suka selfie.

Untuk tiket masuk kampung Tridi kalian cukup bayar Rp. 3000,00 dan mendapatkan 1 gantungan kunci, jika kalian membawa sepeda motor kalian membayar Rp. 5000,00 (3000 untuk tiket dan 2000 untuk biaya parkir) dan untuk tiket ke jembatan kaca, kampung Jodipan kalian cukup bayar Rp. 3000,00. Kemudian kalian bisa dengan puas berfoto-foto sesuka hati kalian.


Dan satu hal yang membuat kampung ini menjadi populer adalah karena kampung ini juga pernah menjadi lokasi syuting film Yowis Ben. Film yang diperankan oleh artis-artis terkenal seperti Bayu Eko Moektito atau lebih dikenal dengan Bayu Skak, Cut Meyriska, Joshua Suherman dan masih banyak lagi, berhasil meraih 900 ribu penonton di tahun 2018 ini memperoleh penghargaan untuk Film Bioskop Klasifikasi usia 13+ di Anugerah Lembaga Sensor Film 2018 yang digelar di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat.

Baca juga : Desa Ngadas Eksotisme Wisata Alam Berbalut Budaya yang Kental


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy. Dan akan segera dirilis Film Yowis Ben yang ke 2 di awal tahun 2019. Jodipan dan Kampung Tridi masih menjadi lokasi syuting Film ini.


Bagaimana tertarik tidak untuk liburan ke kampung Jodipan dan kampung Tridi?

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877