Latest News

Mengintip Megahnya Pemandian Hayam Wuruk







Pemandian Wendit
Sumber: Google
Wisata Malang - Kita tahu di wilayah sekitar Malang Raya terdapat berbagai lokasi wisata yang mengundang banyak wisawatan. Dimulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan juga bermacam-macam lainnya. Hanya saja diantara berbagai tempat tersebut, ada salah satu yang paling tua dan bisa dibilang paling unik di wilayah Malang yakni wisata pemandian Wendit atau masyarakat sekitar biasanya menyebutnya sebagai Mendit.

Jadi, taman wisata yang terletak di desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini memiliki lokasi yang strategis dikarenakan berada di jalan masuk ke arah kota Malang, lokasinya dari bandara Abdurahman Saleh. Bahkan dari pusat kota Malang juga jaraknya tidak terlalu jauh dan juga hanya sekitar 8 kilometer saja.

Baca Juga: Selecta, Wisata Tertua di Malang

Pemandian Wendit
Sumber: Google





Dalam taman rekreasi memiliki dua kolam, yakni yang alami maupun buatan. Untuk kolam buatan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, misalnya waterboom setelah renovasi besar-besaran terhadap tempat wisata ini. Sementara itu kolam alami yang ada dipercaya sebagai tempat peristirahatan raja Hayam Wuruk dari Majapahit.

Nama Wendit itu sendiri bersumber dari wendito yang memiliki arti pendito atau pendeta. Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa sumber air Wendit itu muncul karena pergeseran gunung Widodaren. Dari pergeseran tersebut juga menyebabkan banyak wilayah yang kekeringan  sampai-sampai akhirnya seorang pendeta kemudian melakukan semedi di wilayah Mangliawan dan akhirnya muncul sebuah sumber air yang kelak diberi nama sebagai Wendit itu.

Baca Juga: Sumber Sirah, Bak Di Terumbu Karang

Pemandian Wendit
Sumber: Google

Kemudian selain pemandian yang sangat tua, hal menarik lainnya adalah monyet-monyet yang berada di wilayah Wendit itu. Menurut cerita, banyaknya kera tidak pernah bertambah atau berkurang sejak dulu. Hal itu disebabkan kera ini disebut sebagai utusan dari sebuah kerajaan yang ada di Tengger untuk melindungi sumber mata air di Wendit.

Air di pemandian Wendit ini juga dipercaya dapat memberi kesembuhan dalam penyakit, terutama penyakit kulit dan konon memudahkan jodoh. Sampai memudahkan rezeki datang serta membuat awet muda. Tentu saja dengan izin Tuhan YME.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



4 komentar:

  1. Dari gapuranya saja sudah gagah mneyambut pengunjung, isisnya juga ternyata luar biasa

    BalasHapus
  2. Saya suka dengan cerita legenda dan motosnya. Saya pengen awet muda, harus mencobanya mandi disana nih.

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877