Latest News

Sudah Tahu Asal-Usul Nama Malang?






Wisata Malang - Apel hijau? Pasti langsung terlintas kata Malang. Iya, sebab dari sana lah kita bisa temukan apel-apel hijau khas Indonesia tersebut, sebutan lain apel hijau itu ya apel Malang, kan? Kalau kita sudah hapal muasal si apel kecil-kecil manis itu, maka tahu enggak sih asal-usul nama kota Malang itu sendiri?

Oke deh, sekarang kita kenalan dulu yuk sama kota Malang! Jika dilihat dari berbagai literatur yang ada, kata Malang memiliki beberapa hipotesa, sesuai dengan literatur yang menceritakan sejarahnya itu sendiri. Ada baiknya kita bahas satu per satu terlebih dahulu, ya? Supaya bisa ditarik kesimpulan, yang mana sih yang paling tepat menggambarkan Malang yang sesungguhnya.

Baca Juga : Festifal Kampung Cempluk Kabupaten Malang

Hipotesa nama Malang yang pertama berasal dari Piagam Kedu tahun 907 dan Piagam Singhasari tahun 908. Berasal dari nama Batara Malangkucecwara yang terdiri atas tiga kata, yaitu Mala yang bermakna kotor, palsu atau curang dan bathil, Angkuca yang berarti menghancurkan, dan terakhir Icawara yang bermakna Tuhan atau yang Maha Kuasa. Jadi artinya adalah “Yang Maha Kuasa menghancurkan kejahatan”.






Akhir tahun 1974 ditemukan sebuah prasasti tembaga di perkebunan Bantaran, Wlingi yang berada di sebelah barat daya kota Malang. Tulisan "...aning sakrid Malang-akalihan wacid lawan macu pasabhanira dyah Limpa Makanagran I..." yang tertulis di dalamnya kurang lebih diterjemahkan sebagai : di sebelah timur tempat berburu sekitar Malang bersama wacid dan mancu, persawahan Dyah Limpa yaitu. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Malang merupakan tempat yang berada di sebelah timur dan disebutkan dalam prasasti, nama Malang juga ternyata sudah eksis sejak abad ke 12 Masehi.
Ada juga kisah yang menyebutkan bahwa Malang berasal dari kata membantah atau menghalangi yang dalam bahasa Jawa ‘Malang’. Berasal dari sebuah kisah dimana Sunan Mataram memiliki niat meluaskan pengaruh ke Jawa Timur, termasuk Malang. Tetapi mendapat perlawanan hebat dari penduduk lokal dan dari sanalah nama Malang didapat.

Terlepas dari hipotesa-hipotesa sebelumnya, dalam lambang Malang sebelum 1964 tertulis "Malang nominor, sursum moveor", kurang lebih artinya Malang Namaku, Maju Tujuanku. Tetapi 1 April 1964, dalam ulang tahunnya ke 50, semboyan tersebut diganti menjadi "Malangkucecwara". Sebuah semboyan yang diusulkan Prof. Dr. R. Ng. Poerbatjaraka, sebab hubungannya yang erat dengan asal usul kota Malang di masa emas Ken Arok, yang juga sudah menjadi nama tempat dekat candi Malangkucecwara.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar. Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877




26 komentar:

  1. sungguh sangat sulit di mengerti mba, maklum aja ya saya bukan orang malang jadi tidak sepenuhnya mengerti, tpi memang tiap daerah selalu ada asal usul penamaan nya namun kadang berbeda juga sih pendapatnya :)

    BalasHapus
  2. sudah sedikit tahu sih asal-usul kota Malang mah, soalnya pernah punya kekasih hati orang Malang, tapi kan nggak ada salahnya kalau membaca kembali asal-usul Kota Malang nan Indah Permai dan sejuk dari artikel ini mah atuh ih

    BalasHapus
  3. kemaren sempat masuk via seluler kok artikelnya gak muncul nenng...kenapa ya...

    BalasHapus
  4. Kab Malang memang menyimpan banyak sejarah neng....selain terkenal apel malangnya...bangga deeh punya kabuten malang

    BalasHapus
  5. padahal aku sering nang malang tapi baru tau nama malang asale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah Mbak? Nanti kalo ke sini, jangan lupa mampir ke rumahku ya?

      Hapus
  6. Eh malang kucecwara ini kan ada nama kampus nya yaaa kalo ngak salah

    BalasHapus
  7. baru tau asal usulnya nama Malang, semoga malang bukan berarti tidak beruntung ya mbak, hehe..

    oiya aku kenalnya bakwan malang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, Bakwan Malang juga enak lho mbak

      Hapus
  8. Sekarang mah sudah tahu sedikit nih mbak tentang asal usul kota malang dan walaupun tidak tahu secara keseluruhan namun saya tetap senang meskipun baru tahu sedikit, ahi hi hi.

    BalasHapus
  9. Wah baru tau mbak ternyata gitu toh asal nama kota malang

    BalasHapus
  10. Waaaah asal-usul nama MAlang panjang juga ya ternyataa. Jadi ngerti nih sekarang, makasi infonyaaaa

    BalasHapus
  11. Jadi dekat dengan masa Ken Arok ya.

    BalasHapus
  12. Keren nih artikelnya jadi tau bbrp silsilah kata malang

    BalasHapus
  13. dulunya malah kupikir ada kejadian yg bikin kota ini bernasib malang ;p.. Jadi baru tau stlh baca postinganmu mbak..

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877