Latest News

Sumber Sirah, Bak di Terumbu Karang







Malang memang terkenal dengan keindahan wisata air lautnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa nama wisata lautnya yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun demikian, akhir-akhir ini Kabupaten Malang mulai ramai menyoroti keindahan wisata air tawarnya. Ada beberapa nama yang terkenal seperti Wendit, Sumber Taman, Sumber Maron, Sumber Sirah, Dempok dan beberapa nama wisata air tawar lainnya.


Sumber sirah terletak di Desa Sumber jaya Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Tempat ini menawarkan keindahan air tawar dan sangat cocok dinikmati terutama dengan cara menyelam. Tentunya menyelam di dasar air tawar itu pesonanya beda dengan ketika melakukan penyelaman di dasar laut. 

Makam Mbah Sirah

Di Sumber sirah inilah salah satu tempat yang bisa kita gunakan untuk membuktikannya. Sebenarnya bukan hanya pengunjung yang dapat berenang saja, namun yang tidak dapat berenang pun bisa menikmati keindahannya juga, karena air di Sumber Sirah ini tidak terlalu dalam.

Sebenarnya, tempat ini memiliki dua nama. Yang pertama adalah Sumber Sirah dengan alasan ada makam Mbah Sirah yang terletak di bawah pohon besar sekitar tempat pemandian. Dan yang kedua adalah Sumber Jaya, dikarenakan tempat terletak di Desa Sumber Jaya. Sebenarnya tempat ini sudah dibuka beberapa tahun yang lalu, namun mulai ramai akhir-akhir ini.

Pegunjung yang datang kesini dikenai karcis cuma 1000 rupiah, sangat murah untuk bisa menikmati keindahan dasar air tawar. Jangan lupa, bagi yang mau menikmati liburannya di sini, hendaknya membawa baju renang dan baju ganti, karena pergi ke Sumber Sirah sangat rugi kalau tidak berenang.






Jangan khawatir akan kelaparan, karena banyak sekali warung di sekitar tempat tersebut. Berbeda dengan Sumber Maron, tidak disarankan membawa tikar karena tempat ini sangat sempit. Jangan khawatir soal harga, karena tidak akan menguras kantong, harga kaki lima. 


Oh iya, jangan tertipu dengan keindaan di dalam air ini, karena di sini bukan terumbu karang, melainkan lumut yang sudah membentuk sedemikian indahnya bak terumbu karang. Diharapkan para wisatawan menjaga tempat ini juga, jangan sampai meninggalkan sampah. Cukup tinggalkan jejak kaki saja. :) 

Oleh : Atoxi dan Anisa AE








3 komentar:

  1. Jujur saja mbak, saya deket banget tuh dengan sumber sirah, malah saya dulu waktu kecil sering main kesitu. Nah, saya sendiri ndak tahu kenapa kok dinamakan sumber sirah, wah berkat tulisan ini jadi tahu deh. makasih mbak, kalau ke sumber sirah monggo main kerumah

    BalasHapus
  2. Wah keren mbak itu yang di dalam air serasa berada di atas pohon kalau dilihat disini, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, asal jangan lupa mampir aja

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877