Latest News

Museum Angkut Batu, Pesona Transportasi Sepanjang Zaman





Museum Angkut Batu
Museum Angkut Batu

Wisata Malang - Pernahkah Anda mengunjungi beberapa museum sebelumnya? Seperti apa suasana di dalamnya? Edukatif memang, namun lengang dan kadang membuat  bulu kuduk merinding. Namun suasana tersebut tidak kita dapatkan di Museum Angkut Batu Malang. Justru, nuansa edukatif yang disertai kebahagiaan dan keceriaan akan didapat oleh pengunjung di sini.

Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah, asalkan sudah berada di Kota Batu, pasti akan ditemukan papan petunjuk arah yang tersebar di beberapa ruas jalan, jadi tinggal mengikutinya. Lagi pula museum ini dekat dengan wisata Jatim Park 1. Jelasnya, kawasan wisata tersebut bisa dicapai dengan menggunakan transportasi umum atau pribadi.

Museum angkut mengkoleksi berbagai jenis alat transportasi mulai yang tradisional sampai modern, transportasi zaman dahulu sampai masa kini, manual hingga yang canggih dari seluruh mancanegara. Semuanya dikonsep bagus disertai latar belakang asal negaranya.

Baca Juga : Masjid Tiban yang Ekslusif dan Legendaris

Untuk bisa menikmati semua koleksi Museum Angkut Batu beserta fasilitas yang ada di dalamnya, pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp.60.000 pada hari biasa (Senin-Kamis) sedangkan pada (Jumat-Minggu)/liburan/tanggal merah dikenakan tiket masuk seharga Rp.80.000. Ada juga tiket Museum Angkut dengan D’topeng Kingdom hari biasa Rp.70.000 dan akhir pekan/liburan/tanggal merah Rp.90.000.  Khusus anak-anak yang memiki tinggi badan di atas 90cm diwajibkan membeli tiket masuk juga. Sedangkan pengunjung yang membawa kamera (DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital dsb) kecuali kamera handphone dikenakan biaya tambahan Rp. 30.000.

Museum Angkut Batu
Museum Angkut Batu

Museum angkut ini memiliki beberapa zona, antara lain: Zona Hall Utama. Pada zona ini pengunjung akan tertuju pada robot yang ada pada film transformer. Robot kuning tersebut seolah yang bertugas menyambut para pengunjung. Di zona ini kebanyakan koleksi alat transportasinya berasal dari luar negeri. Ada yang berbentuk kendaraan asli, tapi ada juga yang berupa miniatur.

Di lantai 2, pengunjung akan masuk Zona Edukasi. Di area ini pengunjung bisa mendapatkan informasi berbagai tentang berbagai macam angkutan. Area ini juga sangat cocok digunakan untuk mengedukasi para pelajar atau bahkan keluarga. Selanjutnya ada Zona Sunda Kelapa dan Batavia.

Setelah keluar dan turun dari lantai dua, pengunjung akan berada dalam Zona Edukasi yang berada di out door. Ketika berada di zona ini, pengunjung akan merasa ditarik kembali ke Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di zaman Belanda. Pengunjung juga bisa menemukan nuansa Batavia, tiruan menara Syahbandar, dan berbagai jenis angkutan yang dipergunakan pada era tersebut.

Pengunjung juga bisa mencoba merasakan profesi-profesi yang ada di zaman penjajahan, misalnya penjual kayu, kupang hingga penjual keranjang ikan. Serasa habis masuk mesin waktu dan kembali ke zaman dulu.

Museum Angkut Batu

Setelah itu pengunjung bisa masuk ke Zona Gangster Town & Broadway Street. Di zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970-an beraksi dan siap membawa pengunjung terlibat di dunia gangster. Didukung dengan setting bangunan berupa tiruan gedung-gedung bertingkat di Amerika, membuat Zona Gangster Town ini terasa nyata.

Selanjutnya pengunjung bisa masuk lagi ke Zona Eropa. Kawasan zona ini berada di dalam ruangan. Di sini pengunjung bisa menemukan alat transportasi negara Eropa.
 
Selain Zona Eropa pengunjung bisa datang ke Zona Istana Buckingham. Di zona ini terpajang  angkutan berkelas di negara Inggris seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, dan banyak lainnya. Pengunjung bisa melihat mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia. Rasanya berkeliling menikmati situasi kota London di malam hari dengan naik mobil di malam hari. Jangan lupa juga mengabadikan kemegahan Istana Buckingham yang indah dan artistik.






Selain itu, ada juga Zona Las Vegas. Walaupun namanya Zona Las Vegas. Di zona ini pengunjung bisa melihat bagaimana suasana malam hari di gerbang Las Vegas yang dilengkapi dengan mobil-mobil juga pastinya.

Bagi para pecinta film Hollywood, ada juga Zona Hollywood yang memajang berbagai mobil yang dipakai dalam film-film Hollywood ngetop, salah satunya film James Bond.

Baca Juga : Pesona Edukasi Museum Brawijaya Malang

Dan yang terakhir adalah Zona Pasar Apung, di tempat ini terdapat banyak penjual souvenir buah karya para pengrajin UKM Batu. Makanan khas tradisional juga tersedia di sini.

Begitu lengkapnya sajian fantastik yang disuguhkan di Museum Angkut Kota Batu ini. Tidak salah kalau tempat wisata satu ini termasuk yang populer di antara tempat wisata lainnya.

Oleh : Atoxi





6 komentar:

  1. waw, boleh juga nih. saya yang orang malang ini masalah belum sampai kesini. perlu masuk dalam list jadwal liburan nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga tuh. Masukin list, ya? :)

      Hapus
  2. Hehe .. namanya uniknya mbak Museum Angkut Batu, tapi di dalamnya keren2 semua apalagi motornya tuh mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa main ke sini kalo ke Malang :D

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877