Latest News

Balekambang, Pantai Tanah Lot-nya Malang







Warga Malang memiliki sebuah objek wisata pantai yang sudah sangat terkenal dengan keindahannya. Pantai tersebut terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Ternyata, pantai ini memiliki konsep yang sama  dengan pantai Tanah lot yang ada di Bali. Yang mana kedua pantai ini sama sama memiliki sebuah pura yang menghadap ke samudra. 

Mungkin Anda sudah bisa mengira pantai apa itu? Yupss... Pantai Balekambang namanya.

Pura tersebut dahulu bernama Amerta Jati, didirikan pada tahun 1985 atas prakarsa Bupati pada waktu itu Bapak Edi Slamet. Seperti halnya di Bali, Pura tersebut dianggap suci, dan biasanya selalu digunakan untuk kegiatan keagamaan oleh umat Hindu.

Baca Juga : Grebeg Tengger Tirtoaji, Wisata Budaya Kab Malang

Pantai Balekambang ini memiliki luas kurang lebih 2 kilometer dan lebar 200 meter ke arah laut. Jika air laut tersebut surut, maka akan terlihat bermacam jenis biotik laut di bibir pantai ini. Hantaman ombak laut selatan seakan selalu menghiasi keindahan pantai, desir angin laut pun selalu hadir menyapa kedatangan para wisatawan. Hamparan pasir pantai yang lembut sangat cocok digunakan untuk merebahkan tubuh sambil menatap samudra lepas.






Pantai Balekambang berada di bagian selatannya Kota Malang yang memiliki jarak kira kira 70 kilometer. Meski tempatnya boleh dibilang terpencil, namun para wisatawan yang datang ke pantai ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti rumah makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, tempat parkir yang luas, camping ground, musholla, pendopo, serta penginapan.

Fasilitas pendukung tersebut akan semakin memanjakan wisatawan yang datang ke pantai. Apalagi beberapa hari yang lalu, Balekambang dan Pantai Ngliyep telah digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang untuk menjadi pantai dalam taraf Internasional.


Terlepas dari masih kurang layaknya infrastruktur jalan yang dirasa belum layak untuk sebuah destinasi wisata favorit, pantai ini memang pantas dikatakan sebagai Tanah Lot-nya Malang.

Oleh : Atoxi





4 komentar:

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877