Latest News

Strategi Digital Campaign Tetap Berjalan di Era Pasca Pandemi Ala IDN Creative



Mengingat kembali masa pandemi COVID-19 yang menyebabkan kegiatan sehari-hari terhambat. Mobilitas manusia semakin terbatas karena penyebaran virus ini yang sangat cepat, bahkan masyarakat diimbau untuk tetap mengisolasi diri di rumah agar aman. Sehingga, gadget memiliki peran penting dalam ini, di mana hampir semua pekerjaan dan aktivitas sehari-hari bertopang pada ponsel. Hal ini melahirkan berbagai inovasi baru seperti online shop berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari sayuran, beras, minyak, dan keperluan dapur lainnya hingga pakaian.

Pandemi COVID-19  yang begitu lama meningkatkan kegiatan belanja secara online yang sekarang pun banyak diminati. Berbagai toko yang awalnya dilakukan secara offline beralih melakukan pemasaran secara online yang semakin mudah. Terlebih sudah ada jasa ekspedisi, media sosial, dan platform online shop yang menunjangnya. Namun, semakin banyaknya bisnis online semakin tinggi pula persaingan marketing di dalamnya.

Tentunya, melakukan pemasaran secara digital melalui media sosial, aplikasi online shop, dan lainnya diperlukan pemahaman akan digital marketing. Di tengah persaingan bisnis seperti sekarang, perlu adanya strategi pemasaran agar produk Anda mampu terjual dan meraup keuntungan. Berkaitan dengan hal tersebut, semakin sering audience menjumpai jenis kampanye digital dari suatu produk, semakin tinggi pula kompetensi yang bisa memengaruhi keputusan mereka untuk  membeli barang atau menggunakan jasa tersebut.

 Kini, pandemi COVID-19 pun mulai mereda membuat masyarakat mulai melakukan kegiatan secara offline. Maka dari itu, untuk mempertahankan kesuksesan belanja online perlu dilakukan kampanye digital yang menarik minat masyarakat kembali. Beberapa hal membuat belanja online masih dipilih karena masih aktifnya pengguna gadget. Dalam hal ini dibutuhkan konten online untuk menarik perhatian mereka, tetapi bagaimana cara mengeksekusi campaign digital yang sukses setelah pandemi berlalu?

Nah, ada beberapa hal yang disampaikan oleh IDN Creative mengenai hal tersebut. IDN Creative membahas secara tuntas cara mengeksekusi campaign digital dan memberikan pemahaman mendalam tentang perubahan pola konsumsi konten masyarakat serta strategi untuk sukses melakukan digital campaign sehingga memuaskan brand maupun konsumen, berikut caranya:

1. Mempunyai fleksibilitas dalam bekerja

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui terlebih tentang IDN Creative yang merupakan salah satu unit bisnis IDN Media berupa agensi digital multi-platform yang berfokus pada penawaran one-stop solution guna memenuhi kebutuhan brand dan advetiser. Langkah pertama untuk merancang serta mengeksekusi campaign, yaitu fokus pada brand storytelling serta data-driven strategy untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Maria Novena Rarahita, memimpin IDN Creative dalam berupaya memastikan setiap kampanye yang dijalankan IDN Creative bisa mencapai objective klien dan menarget konsumen yang tepat serta kebutuhannya terpenuhi. Berhubungan dengan hal ini, Naomi Silitonga selaku Campaign Manager IDN Creative mengatakan bahwa komunikasi dan kerja sama yang baik deengan berbagai pihak terjaganya komitman pada timeline project yang telah disepakati menjadi soft skill yang diperlukan supaya kampanye berjaan lancar.

Naomi pun menjelaskan tentang pentingnya relevansi konten, di mana kita harus memastikan konten yang dihasilkan up to date dengan keadaan sekarang agar konten relevan serta bisa diterima target audience dari brand untuk menjalankan campaign. Selain itu, untuk memaksimalkan pemasaran secara digital pun diperlukan penyesuaian dari segi kreatifitas, gaya bahasa, dan tone yang digunakan di platform manapun.

2. Koordinasi dengann cepat tanpa melewatkan momentum

Setelah pandemi, tentu tren dunia digital campaign pun berubah karena acara offline ramai kembali. Sehingga banyak brand yang berlomba melakukan acara atau menjadi sponsor acara offline. Hal tersebut mempengaruhi media placement, salah satunya event coverage article. Dalam hal ini, Cynthia Dewi Kirana selaku Copy Editor IDN Creative merasakan perubahan tren tersebut.

3. Menghadirkan campaign yang unik untuk menarik minat masyarakat

Faktanya, pandemi telah membuat strategi pemasaran banyak berubah karena menurunnya daya beli masyarakat setelah pandemi. Sehingga, marketers perlu menyesuaikan eksekusi campaign untuk bisa menarik perhatian masyarakat. Dalam hal ini, Copy Editor IDN Creative--Anastasia Desire mengatakan bahwa IDN Creative pun menyesuaikan perkembangan tren.

Dilansir dari IDN Media, Anastasia mengatakan, “Setelah mendekam di rumah saja selama kurang lebih dua tahun, masyarakat pasti membutuhkan refreshment. Dari sisi konten, topik yang mengandung entertainment dan jokes adalah dua poin penting dalam membuat digital campaign. Semakin unik campaign yang dibuat, maka semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli, dan bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.”

4. Selalu memosisikan diri sebagai konsumen dalam mengeksekusi campaign

Lamtiar Sihombing sebagai Campaign Manager IDN Creative menyampaikan beberapa tips tentang ini. Ia berpendapat, bahwa sebagai marketers perlu memosisikan diri sebagai konsumen serta mengenali perubahan kebiasaan dari target konsumen pada pergantian situasi untuk membantu menentukan platform serta konten yang efektif.

Kemudian, Lamtiar pun mengatakan walaupun perkembangan digital campaign meningkat, offline marketing juga mempunyai peran besar. Seiring memulihnya keadaan di luar rumah, pemasaran secara offline pun memperoleh peran penting dalam menyampaikan brand message. Maka dari itu, strategi kolaborasi diperlukan dengan menggabungkan format digital yang telah sukses ketika pandemi, saat pemasaran offline pun akan memperoleh visibilitas dan bisa menggaungkan campaign lebih luas.


Wisata Malang - Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

1 komentar:

  1. Tren selalu berbah sesuai sikon ya, Mbak. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877