Latest News

Istilah yang Perlu Kamu Ketahui Saat Ingin Naik Kereta Api


Wisata Malang - Kereta api merupakan salah satu transportasi darat yang menjadi andalan para pelancong. Lantaran melakukan perjalanan dengan kereta api hanya membutuhkan waktu singkat daripada bus. Bahkan, transportasi ini memberikan kenyamanan untuk penumpang, tarif naiknya pun tidak terlalu mahal. Tidak heran jika menjadi pilihan banyak orang untuk pergi ke tempat yang jauh. Nah, buat Sobat Traveler yang sering menggunakan kereta api pasti tahu istilah-istilah ini!

1. Lokomotif

Lokomotif merupakan sarana kereta api yang mempunyai penggerak serta digunakan mendorong atau menarik kereta, peralatan khusus, dan gerbong. Eits, tapi perlu diketahui jika lokomotif tidak untuk mengangkut penumpang atau barang.


2. Kepala Dipo Lokomotif

Seorang penjabat yang bertanggung jawab mengurus dan merawat lokomotif agar bisa beroperasi dengan baik dalam dinas kereta api atau dinas cadangan, sosok ini disebut KDL atau Kepala Dipo Lokomotif.

3. PUL, PUK, PUG

PUL merupakan sub unit yang berada di bawah Unit Pelaksana Teknik Dipo Lokomotif yang bertugas melakukan penyiapan serta penyerahan lokomotif. Sehingga ketera api siap untuk dinas atau langsung. PUL sendiri menerima penyerahan lokomotif selesai dinas di wilayahnya. 

Tak beda jauh, PUK juga sub unit bawahan Unit Pelaksana Teknis Dipo Kereta. Hanya saja PUK bertugas melakukan pemeriksaan harian serta perbaikan KRL atau kereta. PUK pun bertugas mengatur dinas TKA serta mempersiapkan dan memeriksa tangkaian kereta atau KRL untuk dinas. Tak lupa pug yang bertugas melakukan pemeriksaan harian serta perbaikan gerbong.


4. Awak Sarana Kereta Api

Pegawai yang bertugas dalam kereta api mulai dari masinis, asisten masinis, kondektur, dan lainnya termasuk dalam awak sarana kereta api. Namun, tugas mereka berbeda-beda sesuai keahliannya masing-masing. Seperti masinis yang bertugas mengoperasikan kereta api dari langsiran, serta menjadi orang paling penting yang memimpin perjalanan kereta api. Sedangkan asisten masinis membantu masinis mengoperasikan kereta api dan langsiran. 

Beda lagi dengan kondektur yang tugasnya membantu masinis berkaitan urusan perjalanan dan langsir jika di stasiun tidak ada juru langsir. Kondektur juga memiliki tugas memeriksa tiket kereta api para penumpang dalam perjalanan. Sementara juru langsung merupakan orang yang berhak melangsir atas perintah PPKA berkaitan dengan urusan langsir di stasiun.

Selain istilah-istilah di atas masih banyak lagi petugas lain dengan namanya, seperti PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) yang mengatur serta melakukan berbagai tindakan demi menjamin keselamatan juga ketertiban dalam perjalanan. Nah, kalau Sobat Traveler sudah mengenal istilah apa saja, nih? 
 
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877