Latest News

Etika Travelling Ke Tempat Baru, Traveler Harus Tahu!



Wisata Malang - Liburan menjadi hal menyenangkan, tak hanua bisa menjelajah ke tempat baru, Sobat bisa mendapatkan pengalaman berharga. Selain itu, Sobat perlu menjaga etika saat berkunjung ke tempat baru. Faktanya, setiap daerah dan negara mempunyai nilai sopan santun yang berbeda. Sehingga, sebagai tamu ada baiknya mencari tahu apa yang dilakukan atau tidak dilakukan saat liburan ke tempat baru, Berikut etika travelling ke tempat baru yang perlu Sobat Traveler tahu!

1. Mengetahui jika Sobat Traveler adalah tamu

Di tempat baru, Sobat Traveler perlu menanamkan jika kamu adalah tanu dan tidak menetap di tempat tersebut. Berarti, sebagai tamu tidak sepatutnya Sobat Traveler merasa terlalu nyaman seperti tinggal di rumah sendiri. Sebagai tamu, tentunya kamu perlu menghormati pemilik rumah. Oleh karena itu, hormati sesuatu di daerah itu dan termasuk penduduk, maka bersikap sopanlah pada mereka.


2. Mempelajari dan mematuhi aturan atau adat istiadat setempat

Biasanya di beberapa tempat bisa Sobat temukan papan petunuk yang berisi aturan guna melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Patuhi peraturan tersebut, karena aturan atau adat istiadat pasti dibuat karena alasan tertentu.

Misalnya, di Pulau Dewata yang sangat ingin kalian kunjungi, yaitu Bali di sana ada aturan jika dilarang menginjak atau merusak sesajen. Selain itu, perempuan yang sedang menstruasi dilarangg memasuki area suci. Konon katanya, apabila melanggar peraturan bisa terkena malapetaka, tetapi yang terpenting adalah menginjak sesajen atau memasuki area suci saat datang bulan merupakan bentuk rasa hormat terhadap tradisi atau kepercayaan setempat.

3. Menggunakan pakaian yang sesuai

Biasanya di beberapa negara terdapat aturan berpakaian sendiri untuk pria maupun wanita. Aturan ini diharapkan untuk diikuti oleh turis asing, misalnya wanita dilarang mengekspos bagian tubuh yang terbuka, dilarang menggunakan sandal jepit, bahkan ada negara yang melarang menggunakan piyama saat ke mal. Walaupun Sobat tidak setuju karena tidak sesuai dengan budayamu, akan lebih baik untuk mematuhi aturan tersebut untuk menunjukkan jika Sobat mematuhi aturan atau tradisi.


4. Memperhatian cara dan nada berbicara

Sebelum berkunjung ke suatu tempat, ada baiknya Sobat melakukan riset mendalam tentang tempat tersebut. Bahkan, Sobat disarankan untuk menghindari berbicara atau berdebat dengan masyarakat setempat tentang hal yang tidak Sobat pahami. Sebab, sebagian daerah atau negara mempunyai konflik politik dan sejarah yang rumit. Oleh karena itu, perlu diingat jika masyarakat setempat mungkin sensitif tentang topik tertentu, terlebih politik dan agama.

5. Tidak sembarangan mengambil gambar

Saat berlibur rasanya tak lengkap tanpa mengambil gambar atau beberapa swafoto di destinasi tertentu yang sudah menjadi kebiasaan para pengunjung. Foto sendiri tak hanya menjadi kenang-kenangan, tetapi juga sebagai bahan unggahan di media sosial. Namun, Sobat perlu berhati-hati saat ingin mengambil gambar dari objek tertentu, sebab di beberapa tempat dilarang mengambil foto atau video. Apabila Sobat ingin berswafoto dengan penduduk lokal ada baiknya meminta izin terlebih dulu kepada mereka.

Nah, itulah etika yang perlu Sobat Traveler lakukan saat liburan ke tempat baru. Memang kita berhak melakukan apa pun karena tujuan berkunjung adalah untuk bersenang-senang dan menikmati tempat liburan. Namun, Sobat juga perlu menjaga sikap karena ada penduduk setempat yang perlu dihormati. Jangan membuat kesan buruk di tempat liburanmu, kalau Sobat ingin berkunjung ke negara mana nih? Sudahkah mencari tahu tentang negara tersebut?

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877