Latest News

6 Cara agar Tetap Aman Berenang di Sungai


Wisata Malang - Ketika cuaca panas keinginan untuk liburan ke sungai yang jernih dan terlihat biru semakin menggebu, bahkan rasanya sulit untuk menahan diri untuk tidak berenang. Memang kolam lebih aman dan nyaman, tetapi udara sejuk dan adrenalin sungai memiliki ketertarikan sendiri untuk membuat liburan lebih seru. 
Mayoritas orang yang jalan-jalan ke sungai akan langsung terjun untuk berenang dan bermain untuk meraasakan kesegaran airnya. Terlebih jika kondisi sungai bersih dan jernih. Namun, sebelun terjun untuk berenang, Sobat perlu melakukan persiapan agar kegiatan berenang di sungai tetap aman. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar berenang di sungai tetap aman, antara lain :


1. Memeriksa kondisi sungai

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk berenang adalah memahami kondisi dan arus sungai tersebut. Sebab, jago berenang saja tanpa memahami medannya pasti akan berbahaya. Oleh karena itu, disarankan untuk melihat bentuk sungai, memastikan sungai tersebut sungai wisata atau tidak, karena sungai wisata biasanya akan menyediakan perlengkapan untuk berenang. 
Namun, jika berenang di sungai yang bukan untuk tempat wisata disarankan untuk membawa throwing bag. Throwing bag merupakan sebuah tas yang berisi tali panjang yang kurang lebih 20 meter, tali ini bisa digunakan untuk menyelamatkan seseorang yang hanyut di sungai.

2. Membawa peluit

Tak hanya throwing bag, peluit pun wajib dibawa karena berguna jika ada seseorang yang hanyut atau terbawa arus sungai. Saat ada teman yang kecelakaan di sungai, Sobat bisa membunyikan peluit karena berteriak saja kemungkinan tidak terdengar. Biasanya suara kita akan kalah dengan suara air sungai yang menabrak bebatuan. Nah, peluit ini membuat orang lain bisa mendengar kita dengan baik. Selain itu, juga mempercepat datangnya bantuan karena suaranya yang nyaring, orang yang hanyut pun bisa segera diselamatkan.


3. Membawa pelampung

Pelampung sangat disarankan untuk dibawa, terlebih untuk orang yang tidak bisa berenang atau belum ahli karena ini berguna untuk menyelamatkan diri. Terkadang arus sungai pun bisa berubah secara tiba-tiba, menjadi deras tanpa disadari. Oleh karena itu, persiapkan semua hal dengan matang.

4. Memeriksa kondisi cuaca

Saat berwisata ke sungai penting untuk memeriksa kondisi cuaca dengan aplikasi untuk memperkirakan nantinya hujan atau tidak. Sebab, di beberapa wilayah sungai di Indonesia arusnya terlihat tenang, tetapi di bagian hulu atau atas tengah hujan. Hal inilah yang menyebabkan arus sungai tiba-tiba deras karena air dari atas turun ke bawah.

5. Melakukan peregangan

Peregangan sering dilakukan sebelum melakukan olahraga berat untuk pemanasan otot terlebih dulu agar tidak langsung dikagetkan dengan kegiatan yang langsung berat akan berisiko pastinya. Terlebih sebelum berenang ke sungai akan lebih baik jika melakukan peregangan agar tidak mengalami kram. Peregangan sendiri penting agar otot badan tetap lentur, serta bisa melakukan peregangan betis dan kaki. Setiap gerakan dalam peregangan bisa dilakukan selama dua menit dengan interval waktu 20-30 detik.


6. Memastikan tetap terhidrasi

Berenang merupakan kegiatan yang cukup menguras tenaga, sehingga perlu untuk memastikan tubuh agar mendapatkan cukup cairan dan elektrolit. Selain itu, makanlah makanan yang bergizi untuk persediaan tenaga selama berenang. Serta disarankan untuk minum air putih yang sudah ditambah dengan garam sebanyak 0,3-0,7 gram.

Nah, itulah 6 hal yang perlu dipersiapkan sebelum berenang di sungai mengingat sungai di Indonesia sangat banyak dan tidak semuanya aman. Tak hanya 6 hal di atas, tetapi kamu juga perlu memastikan jika tidak ada hewan yang membahayakan nantinya. Kalau Sobat Traveler bawa apa saja, nih saat berwisata ke sungai?

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

2 komentar:

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877