Latest News

Museum Edukasi Sejarah di Malang, Museum Ganesya


Malang - Obyek wisata sejarah dan budaya menjadi destinasi yang menarik di Malang, terlebih Kota Malang ini memang menyimpan banyak kisah dari masa Kerajaan dan Penjajahan. Kota klasik yang bernuansa tempoe doeloe ini memiliki museum megah yang menambah wahana bari di Hawai Waterpark. Wisata yang berada di selatan exit tol Singosari, Karanglo, Kabupaten Malang ini memiliki Museum Ganesya. Ya, museum yang mengoleksi berbagai benda masa Kerajaan ini menjadi literasi sejarah bagi wisatawan.

Benda-benda kuno mulai dari pra-Majapahit, hingga awal penyebaran Islam ada di Tanah Jawa. Penamaan museum ini menyingkat dari Gelar Indonesia Budaya, Ganesya. Sesuai kepanjangannya, Museum Ganesya menghadirkan berbagai benda peninggalan kerajaan Indonesia seperti artefak pusaka tradisional, pataka atau lambang legitimasi kerajaan, keris, manik-manik, terakota, arca, prasasti yang merupakan manifestasi kejayaan Nusantara masa lampau.


Tak hanya itu, Museum Ganesya juga menghadirkan kebudayaan Indonesia seperti seni topeng, wayang, dan khasanah Panji dengan beragam bentuk dan karakter dari yang tradisional sampai modern. Kebudayaan tersebut seperti topeng Panji, Majapahit, Menak, dan wayang kulit, krucil, klitik, beber, gedog, kesenian reog Ponorogo, gamelan, dan wayang golek Wali Songo, dan wayang Potehi Laksamana Cheng Ho. 

Koleksi museum Ganesya terbagi di dua tempat, di lantai pertama pengunjung akan dikenalkan dengan jejak peradaban di Tanah Jawa hingga puncak kejayaan Majapahit. Selain itu, di lantai ini terdapat properti figur Presiden Republik Indonesia dari mulai Soekarno sampai Presiden Joko Widodo yang ditata rapi di lemari kaca. Sedangkan di lantai atasnya terdapat koleksi topeng dan wayang yang merupakan hasil karya seniman Malang Raya dan se-Nusantara. Kurang lebih ada 1000 jenis topeng yang menambah edukasi dan spot cantik untuk swafoto.


Ada pula yang tak kalah menarik di sini yang siap memanjakan mata pengunjung, tak lain adalah kemilai perhiasan pada zaman Majapahit yang bahannya asli dari emas. Koleksi ini menjadi bahan edukasi yang dikenalkan kepada publik sebagai pengetahuan bagi generasi muda. Dengan begitu, generasi milenial terutama anak-anak akan memahami bahwa Indonesia kaya akan budaya dan harus dilestarikan. 

Nah, untuk yang ingin mengetahui sejarah dan budaya Indonesia bisa ke museum ini berada di perumahan Graha Kencana Raya. Tak sulit untuk ke sana, dari Simpang Karanglo di ujung barat exit tol Singosari, kita bisa langsung mengambil lajur kiri menuju arah selatan Kota Malang dengan berkendara kurang dari 1 kilometer, akan ketemu lokasinya. 

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877