Latest News

Puncak Batu Tulis, Gunung Kawi

Wisata Malang -


Nah, yang suka berpetualang dan pecinta alam puncak batu tulis cocok buat dikunjungi. Ketinggian puncak batu tulis ini adalah 2.603 Mdpl. Lokasi ini bertempat di Desa Sumbersuko, Precet, Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Puncak batu tulis yang melewati  jalur precet dianggap lebih cepat, karena waktu yang ditempuh berkisar 8 jam. Namun, jika puncak batu tulis ditempuh melalui rute Kraton berkisar 11 jam dan pada rute Kraton juga tidak terdapat sumber air. Jadi, disarankan untuk menempuh rute Precet, Wagir.

Baca juga: Come in Pujon Kidul

Ternyata puncak batu tulis masih tergolong gugusan putri tidur loh. Putri tidur bukan hanya di negeri dongeng saja, ternyata putri tidur nyata ada dalam negeri kita sendiri. Karena puncak batu tulis berada di gunung kawi maka, puncak ini masih dalam gugusan pegunungan putri tidur.

Untuk planning perjalanan ke puncak batu tulis harus dilakukan 1 minggu sebelum berangkat, karena mengingat situasi banyak sekali peminat yang ingin mengunjungi puncak ini. Mendaki gunung bukanlah suatu hal yang mudah seperti jalan-jalan saat belanja. Butuh persiapan mental yang benar-benar matang juga, karena kita akan dihadapkan oleh perjalanan yang terjal dan tidak terduga. Namun, untuk kalian yang memang suka berpetualang tentunya sudah biasa dihadapkan dengan masalah mendaki.

Baca juga: Cafe Alam, Camilo Colours and Garden CafĂ©



Pos perijinan pendakian terletak hampir di ujung hutan precet. Untuk rincian biaya perijinan masuk sejumlah 7000 rupiah per orangnya dan biaya parkir 10.000 rupiah.  Mendaki juga harus melihat situasi dan kondisi. Jika mendaki dimusim hujan mungkin banyak hambatan yang akan dilalui, seperti  jalanan akan terasa berat. Nah, jika sudah naik pada pos 1 puncak batu tulis terdapat air. Jika dirasa lelah sebaiknya untuk istirahat dulu karena lokasinya bisa untuk mndirikan tenda. Selanjutnya di pos 2 menuju pos 3 bisa ditempuh kurang lebih 1 jam 15 menit. Pada rute ini terdapat tanjakan yang sangat terjang maka dari itu mental yang matang harus disiapkan. Pada pos 3 ini sulit untuk mendirikan tenda karena lokasinya yang miring. Untuk melanjutkan dari pos 3 menuju puncak batu tulis bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Nah, akhirnya sampai juga pada puncak batu tulis, pada puncak ini kita akan disuguhkan keindahan bawah, dan rasa kesenangan karena sudah berhasil melalui jalur yang sangat ekstrim. Lokasi puncak ini juga datar dan bisa untuk mendirikan tenda.  Apalagi saat tidak ada kabut kita bisa menikmati  keindahan Puncak Kawi Sejati.

Baca juga: Nongkrong Serasa di Swiss? Hanya ada di Kota Batu



Oh ya, jangan lupa jika kalian pecinta alam tentunya tidak akan meninggalkan sampah pada alam yang kita cintai atau pada puncak pendakian ini. Bawa pulang kembali sampah yang kalian bawa. Cintai alam kita agar bisa terjaga dan tetap lestari, karena masih ada anak cucu kita yang ingin menikmatinya.

Sumber gambar: Google

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877