Latest News

Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang






Wisata Malang - Air terjun merupakan wisata alam yang dapat menyegaran pikiran. Hingga para traveller betah berlama-lama jika main ke wisata air terjun.






Di Malang terdapat banyak wisata air terjun yang populer, salah satunya adalah Wisata Air Terjun Coban Pelangi yang terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai ke sana memerlukan waktu selama satu jam dari Kota Malang menggunakan kendaraan, jaraknya sekitar 30 kilometer ke arah timur. Tidak perlu khawatir salah jalan, karena ada banyak petunjuk arah di sepanjang jalan atau bisa berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Lokasi tepatnya dua kilometer setelah desa Gubukklakah, ditandai dengan papan nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi di sebelah kanan jalan. Kalau saya sih sukanya lewat Tumpang, soalnya sekalian mampir ke rumah teman, hehe.

Nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi ini dipilih karena pada saat pukul sepuluh pagi hingga dua siang  posisi matahari yang sudah mulai meninggi membuat percikan air disekitar air terjun tampak berwarna-warni layaknya sebuah pelangi. Jadi, apabila kalian para traveller yang ingin mengunjungi wisata alam ini saya sarankan untuk datang mulai pukul 10.00 pagi hingga 14.00 siang WIB.

Baca juga: ner Kolam Pemancingan di Tegaron



Jalanan menuju Wisata Air Terjun Coban Pelangi pun sudah diaspal baik, khas jalanannya agak sedikit menanjak sebelum memasuki Desa Gubukklakah. Setelah memasuki desa tersebut jalanan semakin menanjak, bagi pengguna kendaraan wajib memperhatikan tenaga mesinnya, terutama dengan memaksimalkan perpindahan gigi persneling. Melewati jalur ini juga harus hati-hati, karena ruas jalan tidak begitu lebar, hanya pas untuk dua kendaraan beroda empat. Bahkan selepas desa tersebut jalan mulai menyempit dan berkelok. Apabila kendaraan roda empat berpapasan pasti ada yang mengalah di bahu jalan. Di beberapa tempat ada bagian jalan telah longsor, ditandai dengan pemagaran seadanya. Walaupun begitu, tawaran panorama alam sepanjang jalan sangat mempesona, membuyarkan segala resiko dan kepenatan.

Pintu masuk Wisata Air Terjun Coban Pelangi tidak jauh dari pinggir jalan. Untuk kendaraan beroda empat bisa parkir di depan pintu masuk. Sedangkan untuk roda sudah disediakan tempat parkir di dalam. Harga tiket masuk wisata tersebut senilai 6000 rupiah per orang, masih cukup terjangkau bukan J? Pada saat mulai memasuki area Wisata Air Terjun Coban Pelangi kita akan dibawa ke jalan setapak berundak menurun cukup terjal. Sedangkan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun sekitar satu kilometer.

Walaupun lumayan jauh dan membutuhkan stamina prima, di sepanjang jalan kita akan dihibur dengan pemandangan alam yang mempesona. Di beberapa lokasi juga disediakan tempat untuk istirahat dan terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam makanan.
Separuh perjalanan, kamu akan mendapati area camping di sisi kanan jalur, lokasi ini tidak terlalu luas tetapi bisa menampung beberapa tenda. Menurut keterangan dari petugas jaga, untuk camping di area ini dikenakan biaya masuk berbeda dengan pengunjung biasa yaitu sebesar 10.000 rupiah per orang. Untuk fasilitas sudah disediakan kamar mandi dan toilet dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping saja.

Masih di area camping ground, terdapat pangkalan nunggang jaran (naik kuda). Nunggang jaran merupakan fasilitas menaiki kuda dari bawah hingga ke lokasi pintu masuk ketika pulang. Kuda sengaja disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkuda atau yang kelelahan melalui jalan menanjak. Untuk menggunakan fasilitas jasa nunggang jaran, setiap pengunjung dikenakan tarif harga sebesar 10.000 rupiah.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877