Latest News

Tips Memilih Sepatu Pendakian






Wisata Malang - Siapa nih yang suka melakukan climbing?? Untuk kalian para pendaki atau yang sedang hoby melakukan pendakian, pasti tahu kalau melakukan pendakian itu bukan hal yang bisa disepelekan ya?? Segala sesuatunya harus benar-benar diperhatian apalagi karakteristik sepatu yang dipakai. Peranan sepatu pada saat melakukan pendakian itu benar-benar sangat penting, apalagi kalau medan pendakiannya terjal. Lalau seperti apa sih karakteristik sepatu yang cocok digunakan untuk pendakian?? Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi dan tips untuk memilih sepatu gunung yang tepat.

Baca juga: 9 Tips Menghemat Baterai Saat Traveling



1. Sesuaikan jenis sepatu dengan medan pendakian.

Sebelum kalian membeli sepatu gunung, saya sarankan pikirkan baik-baik medan seperti apa yang akan kalian lalui dalam pendakian nanti, untuk berjaga-jaga pikirkan medan paling buruk, sehingga kalian akan dapat menentukan sepatu gunung seperti apa yang kalian butuhkan untuk menghadapi medan yang akan dihadapi.






2. Ukuran sepatu.

Tips yang kedua usahakan memilih ukuran sepatu yang satu tingkat lebih besar dari ukuran kaki kalian. Bukan tanpa alasan semua itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat track menurun, karena jika ukuran sepatu terlalu pas akan mengakibatkan jari kaki cidera karena tertekan ujung sepatu. Oh iya, satu hal yang paling penting mengenai ukuran sepatu adalah hindari pemakaian ukuran sepatu yang terlalu longar, meski akan memberikan sirkulasi udara yang cukup banyak, tapi percayalah, penggunaan sepatu dengan ukurang besar tidak akan membuat kakimu nyaman dan fleksibel.



3. Beban pendakian.

Bawalah benda secukupnya. Fokuskan benda terpenting yang akan kalian butuhkan saat melakukan pendakian, kemudian perkirakan berat beban benda yang akan kalian bawa. Karena semakin berat beban yang akan kalian bawa, maka semakin baik juga kualitas sepatu yang kalian butuhkan guna mendukung perjalanan pendakian. Sepatu khusus untuk teknik pendakian ultralight akan cepat rusak jika kalian mendaki dengan banyaknya barang bawaan. Pasti kalian juga tidak mau kan pada saat pendakian tiba-tiba sepatu yang kalian kenakan jebol hehe.


4. Berat sepatu.

Usahakan memilih sepatu yang beratnya cukup ringan, meski harganya mungkin relatif lebih mahal, namun pengurangan beban dari sepatu ini akan membantu meringankan langkah kaki kalian pada saat pendakian dan membuat kaki kalian lebih fleksibel untuk mengatur gerakan. Sepatu jenis ini sangat cocok jika kalian penyuka teknik pendakian ultralight hiking.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe untuk Para Traveller












5. Jenis bahan sepatu.


Sepatu yang sebagian besar bahannya terbuat dari kulit memiliki keunggulan pada kekuatan, daya tahan yang prima, anti air, dan memiliki sirkulasi udara yang baik, namun meski begitu sepatu jenis ini memiliki berat yang cukup lumayan. Beda lagi dengan bahan campuran kulit dan karet sintetis yang memiliki berat lebih ringan, namun kekuatan dan daya tahannya tidak lebih baik dari sepatu kulit. Dari setengah pembahasan kita pasti kalian sudah bisa menentukan ancang-ancang seperti apa sepatu yang kalian butuhkan kan? next;



6. Harga dan kualitas.

Setiap harga menentukan kualitas barang yang akan kita beli, semakin mahal harga dari suatu produk maka kualitasnya juga akan semakin baik. Eits tapi tunggu dulu, semua statement tersebut tidak berlaku untuk produk yang satu ini, tidak semua sepatu gunung berharga mahal punya kualitas yang lebih baik daripada sepatu yang harganya lebih murah loh. Kalian dituntut untuk cermat dan pintar dalam menentukan sepatu gunung yang akan kalian beli kali ini. Jika memang produk sepatu sesuai dengan kriteria yang sudah kita bahas sebelumnya di tulisan ini, dan nyaman untuk dipakai, sepatu berharga murah pun bisa menjadi pilihan kok.



7. Informasi sepatu.

Kalian pasti tau kan istilah “malu bertanya sesat dijalan”. Selain browsing melalui internet untuk mendapatkan sepatu impian yang kalian inginkan, kalian juga bisa bertanya berbagai hal seputar sepatu yang kalian inginkan kepada penjualnya sebelum benar-benar deal membeli sepatu tersebut. Bahannya terbuat dari apa? Adakah garansi kerusakan? Apakah sepatu tersebut tahan air? Bagaimana cara terbaik merawat sepatu tersebut? Harganya berapa? Keunggulannya apa saja? dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membuat kalian semakin tahu keunggulan dan kekurangan dari sepatu yang akan kalian beli. Jika merasa tidak cocok, setidaknya kalian sudah mendapat informasi dan bisa beralih ke sepatu yang lain.



8. Mencoba sepatu sebelum benar-benar membelinya.

Adakah di antara kalian yang suka membeli barang tanpa mencobanya terlebih dahulu?? Saya rasa jarang ya :D Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam memilih suatu produk misalnya sepatu gunung adalah aspek kenyaman saat dipakai. Mencoba sepatu yang diinginkan sebelum deal membeli merupakan langkah yang harus kalian lakukan. Karena dengan hanya melihat dan mengetahui informasi seputar sepatu saja itu tidak cukup. Coba kenakan keduanya dan berjalanlah di sekitar untuk mengetahui tingkat kenyamanan dari sepatu tersebut. Jika nyaman dipakai, cocok dengan kaki, dan tentunya sesuai dengan budget di dompet, kalian tidak perlu ragu lagi untuk segera deal membeli.



Wah gak terasa sudah sampai di akhir pembahasan ya, itulah 8 tips memilih sepatu gunung yang dapat saya bagikan. Sebagai konsumen yang baik, telitilah sebelum membeli dan jangan memilih dengan asal. Apalagi sepatu gunung biasanya digunakan untuk jangka waktu yang lumayan panjang. Mulailah menentukan pilihan dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian semua ya, terimakasih 




Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



2 komentar:

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877