Latest News

Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat untuk Traveler






Wisata Malang - Kegiatan traveling sangat erat kaitannya dengan fotografi. Mengabadikan perjalanan dan pemandangan sudah menjadi keharusan bagi para traveler, terlebih lagi dengan banyaknya ketersediaan kamera yang berkembang seperti kamera gadget yang mudah dibawa saat traveling di masa sekarang ini. Namun meski begitu, banyakanya produk-produk smartphone yang semakin hari semakin canggih, tetap saja tidak akan bisa menandingi kamera betulan. 

Salah satu hal terpenting dalam fotografi adalah lensa, tidak hanya material elemen optik lensa yang digunakan untuk membuat gambar menjadi berkualitas, namun juga ada spesifikasi lain pada lensa tersebut yang diperuntukkan bagi masing-masing cara pengambilan gambar. Nah, kalau kalian sedang berencana melakukan traveling ke suatu tempat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lensa yang akan kalian bawa saat traveling;


1. Pilih kamera bersensor besar

Hasil foto kamera besar dan handphone akan tetap berbeda meskipun ukuran foto megapixel-nya sama, semua itu dikarenakan oleh ukuran sensornya. Semakin besar sensor pada suatu kamera, maka cahaya yang ditangkap juga akan semakin banyak, sehingga performa kamera pada kondisi remang-remang akan terlihat semakin baik. Keuntungan sensor besar adalah, selain bisa mendapatkan performa low light atau cahaya rendah yang lebih baik, keuntungan lainya kita bisa mendapatkan depth of field yang tipis. Namun, sesuai hukum fisika, ukuran lensa juga akan tambah membesar. Begitupun juga dengan harga kamera yang bertambah mahal. Karena sensor bagian paling mahal dari kamera digital.

2. Carilah kamera yang sekompak mungkin

Kalau kamu suka traveling yang anti mainstream seperti berpetualang, mendaki gunung, atau lainnya, lebih baik pilih kamera yang ringan seperti mirrorless. Kamera jenis mirrorless ini akan memudahkan travelingmu karena bobotnya jauh lebih ringan dan ukuran lensanya lebih kecil dibanding kamera versi DSLR-nya, tetapi dengan hasil foto yang sama. Kelemahan kamera ini baterainya lumayan boros dan kurang akurat untuk saat tracking objek bergerak, untuk mengatasinya sediakan 2-3 cadangan baterai ekstra.




3. Gunakan lensa yang fleksibel




Jika jenis kamera yang kalian miliki adalah kamera yang tidak bisa diganti lensanya maka cukup maksimalkan saja cara penggunaanya.Tetapi jika kalian memakai kamera yang bisa berganti lensa, maka belilah lensa yang punya bukaan diafragma besar kisaran angka 1.8 – 2.8. Dengan diafragma besar, kita bisa lebih leluasa dalam mengambil foto. Contohnya, pada saat sore hari dan remang-remang, kamera akan tetap bisa memotret dengan shutter speed yang cukup tanpa tripod. Kalian juga bisa memotret milky way tanpa harus memakai ISO terlalu tinggi. Bisa juga memotret dengan bokeh (background blur) yang cantik.

4. Perhatikan fitur-fitur khusus yang tak ada di kamera lain

Jika saat traveling kalian ingin membuat vidio, coba cek spesifikasi videonya seperti; berapa frame per detiknya, resolusinya hanya Full HD atau bisa 4k, apakah LCD nya bisa berputar ke depan untuk selfie dan angle sulit, apa ada microphone slot untuk menggunakan mic eksternal, apa kameranya punya jendela bidik dengan ukuran yang memadai, apa kameranya bisa mengambil time-lapse, apakah kamera punya image stabilizer, berapa shutter speed maksimalnya, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan fitur-fitur tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan travelingmu.





5. Perhatikan ketahanan kamera

Karena kamera akan digunakan saat traveling, kamera butuh daya tahan yang baik. Apalagi saat ke gunung, pantai, dalam goa, dan medan ekstrem lainnya. Jika kalian hoby traveling anti mainstream seperti ke tempat yang agak kurang santai kondisi alamnya, ada baiknya kalian mencari kamera yang punya kemampuan weather resistant. Meski tidak sepenuhnya waterproof seperti kamera bawah air, tetapi minimal dia akan tahan cipratan air, debu, dan kelembapan yang lumayan tinggi.

Itulah kelima tips memilih lensa kamera yang tepat untuk traveler, dan perlu diingat apapun lensa yang kalian pilih atau miliki, yang paling penting adalah cara kalian menikmati perjalanan. Happy traveling, semoga bermanfaat ya.


Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877