Latest News

9 Tips Menghemat Baterai Saat Traveling







Wisata Malang - Bagi sebagian orang, handphone menjadi salah satu benda terpenting dalam kehidupan sehari-hari, begitupun saat traveling. Fungsinya tidak hanya untuk berfoto-foto ria, untuk bahan video pemandangan atau keadaan di sekitar, eksis di media sosil. Tetapi handphone juga berfungsi untuk lokasi tujuan kita dengan aplikasi peta digital saat kita sedang tersesat atau kurang faham dengan lokasi wisata yang ingin dituju. Tapi bagaimana kalau baterai handphone kita dalam keadaan low baat saat traveling? Nah, agar terhindar dari masalah seperti itu saya akan membagikan tips meminimalisir penggunaan baterai saat traveling.


Baca juga: Makan Murah di Bakso Jamur Puyuh Keju

1. Mematikan beberapa fitur
Supaya baterai handphone lebih hemat, matikan beberapa fitur agar tidak mengganggu kinerja handphone. Matikan fitur location service dan Bluetooth, kemudian non aktifkan semua fitur notifikasi, dan buat handphonemu dalam keadaan silent atau senyap.



2. Gunakan Seperlunya
Nah menggunakan handphone seperlunya saja adalah cara paling utama agar baterai ponsel tetap hemat. Hindari memakai handphone untuk hal-hal yang tidak diperlukan, seperti mendengarkan music, main game, atau online social media. Gantilah kebiasaan-kebiasaan yang menguras bateraimu itu dengan memulai obrolan atau membahas seputar traveling bersama partner traveling, menikmati pemandangan di sekitar, membaca buku, atau beristirhat agar tubuh lebih fit saat traveling dimulai.







3. Ganti mode 4G atau 3G ke 2G
Cara lainnya untuk meminimalisir penggunaan baterai pada handphonemu adalah mengubah koneksi jaringan internet 4G atau 3G menjadi 2G. Meskipun penggunaan koneksi jaringan internet 2G lebih lambat, tetapi hal itu bisa menghemat energi pada baterai.



4. Aktifkan tombol pesawat
Berikut ini adalah cara paling ekstrem, karena dengan mengaktifkan tombol pesawat atau Airplane Mode kamu tidak akan bisa melakukan kegiatan apa pun yang menggunakan data seluler. Hampir mirip dengan mematikan handphone bedanya kamu masih bisa menggunakan fitur handphone seperti foto, video, kalkulator, atau fitur lainnya yang tidak menggunakan data seluler untuk mengoperasikannya.


Baca juga: 4 Kesenian Khas Malang yang Perlu Kamu Tahu

5. Matikan ponsel saat signal lemah
Untuk kamu yang suka traveling ke gunung, hutan, pantai atau daerah terpencil lainnya yang susah terjangkau signal, segera matikan handphone karena ketika sinyal provider lemah, ponsel akan melakukan usaha ekstra untuk mendapatkan signal yang mengakibatkan penggunaan baterai semakin boros.



6. Meminimalisir penggunaan cahaya pada layar
Semakin terang cahaya pada layar handphonemu, maka semakin banyak energi yang digunakan. Traveling umumnya memang dilakukan di luar ruangan, sehingga cahaya layar yang terlalu gelap akan menjadi sedikit masalah, sebaiknya atur cahaya pada handphonemu dengan mode Auto-Brightness sehingga handphone akan menyesuaikan cahaya pada layar dengan situasi keadaan saat itu.



7. Atur kamera pada handphone
Supaya baterai tetap hemat, biasakan untuk tidak mengecek hasil foto setelah mengambil gambar. Atur juga fitur flash menjadi Auto Flash, sehingga kamera pada handphone akan menyesuaikan dengan cahaya sekitar.



8. Hindari Live Walpaper
Cara menghemat baterai pada handphone lainya adalah dengan menghindari penggunaan Live Walpaper. Meski akan membuat tampilan handphone lebih menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai handphonemu.



9. Gunakan Peta
Saat traveling gunakan peta sebagai petunjuk arah, hindari menggunakan petunjuk arah dengan aplikasi peta digital yang ada di handphonemu karena itu akan menguras energi baterai yang cukup banyak.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.


Itulah tadi tips meminimalisir penggunaan batrai pada handphone saat traveling, caranya mudah sekali kan share ke teman-temanmu juga ya, semoga bermanfaat, terimakasih.

4 komentar:

  1. noted ini, walau udah lama gak traveling lagi, huhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, semoga secepatnya bakal traveling lagi ya mbak :)

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877