Latest News

10 Jajanan Pasar yang Enak dan Sehat Untuk di Konsumsi







Wisata Malang - Di era moderen sekarang ini banyak sekali bermunculan makanan-mkanan modern seperti donat indomie, sosis bakar keju, kentang sepiral, jasuke (jagung, susu, keju) dll. Hal ini menyebabkan makanan-makanan tradisional semakin tersisihkan oleh kebanyakan orang. Padahal makanan tradisional ini tidak kalah lezat loh, justru faktanya jajanan-jajanan ini lebih menyehatkan. Jajanan-jajanan pasar seperti apa sih yang enak dan masih terkenal di jaman sekarang?? Yuk mari cari tau.

Baca juga: Makan Murah di Toon's Factory Kepanjen


1. Klepon

Klepon terbuat dari beras ketan yang dibentuk bola-bola kecil berwarna hijau dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Bentuknya mirip seperti takoyaki, bedanya takoyaki berisi seafood, sedangkan klepon isiannya gula merah cair. Salah satu yang paling dirindukan dari jajanan pasar ini adalah sensasi gula merah cair di setiap gigitannya yang lumer di mulut. Rasa manis dan gurihnya kelapa parut membuatnya menjadi jajanan pasar yang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah.






2. Bikang

Jajanan pasar satu ini berasal dari Kota Banyuwangi, namun sekarang bisa ditemukan di kota-kota lainnya seperti Malang, Surabaya, Jakarta dll. Bahan dasar pembuatan bikang ini antara lain tepung beras, tepung trigu, tepung kanji, telur, dan santan. Adonan yang telah jadi kemudian dimasak menggunakan wajan khusus untuk bikang. Bentuk kue satu ini mirip sekali dengan bunga mekar. Apalagi bikang memiliki warna-warna cerah seperti gradiasi warna hijau, putih, dan merah muda yang menggoda.



3. Lopis

Lopis terbuat dari ketan yang disajikan dengan parutan kelapa beserta gula merah cair. Lopis adalah makanan asli dari Jawa Tengah. Bentuk lopis dulunya segitiga atau kerucut, namun karena terlalu sulit untuk dibungkus, akhirnya dibuat seperti lontong, dibungkus daun pisang bulat memanjang. Jajanan pasar satu ini biasanya dijual pada pagi hari. Rasanya yang manis dan mengenyangkan, dijamin bikin ketagihan siapa pun.


4. Cenil

Cenil terbuat dari tepung kanji dengan menggunakan kelapa parut dan gula untuk penyajiannya. Bisa juga disajikan dengan gula merah cair atau dipadukan dengan lopis. Cenil biasanya berwarna merah muda, hijau, dan putih, rasanya yang manis dan gurih, membuat lidah siapapun yang mengkonsumsinya menjadi bergoyang.

Baca juga: Ayam Nelongso Kini Hadir di Kepanjen


5. Nagasari

Bahan utama untuk membuat nagasari adalah tepung beras dan santan. Isian buah pisang dan penggunaan daun pisang sebagai bungkusnya membuatnya sangat unik dan menggoda. Sensasi rasa manis, buah pisang yang dibalut dengan tepung beras dijamin bakal membuat siapa pun yang memakannya merasa ketagihan.


6. Lemper

Jajanan pasar yang terbuat dari ketan ini biasanya menggunakan abon atau cincangan daging ayam sebagai isiannya. Dibungkus dengan daun pisang membuat rasa dan aromanya kian menggugah selera. Di Jawa, lemper masih mudah ditemukan, biasanya juga digunakan sebagai pelengkap jajanan pernikahan.


7. Kue Cucur

Cucur memiliki warna bermacam-macam seperti warna hijau, merah bata, merah muda, dll. Jajanan ini terbuat dari campuran gula aren dan tepung terigu dengan cara digoreng satu-satu. Sifat kue cucur yang tebal di bagian tengah dan tipis di pinggirnya membuatnya nampak seperti bungat lotus.



8. Kue Lapis

Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak digemari orang karena rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal, lembut dengan warna menarik dan berbeda disusun dengan cara berlapis. Kue dengan bahan dasar tepung beras, gula pasir dan santan ini cocok disajikan untuk cemilan di sore hari.


9. Onde-Onde

Jajanan pasar satu ini masih cukup banyak ditemukan di kota-kota besar. Onde-onde terbuat dari tepung terigu dengan isian kacang hijau dengan baluran wijen di bagian luarnya.
Onde-onde sekarang ini sudah mulai bermunculan beragam variasi uniknya. Ada yang terbuat dari tepung ketan dengan isi berupa pasta kacang hijau. Selain itu ada pula onde-onde khas Mojokerto yang warna permukaannya hijau, merah dan putih.

10. Kue Talam

Jajanan pasar satu ini masih sangat mudah ditemukan untuk suguhan acara-acara seperti arisan, syukuran dll. Kue talam memiliki rasa yang legit dengan tekstur lembut dan kenyal. Talam sendiri dibuat dari tiga bahan dasar yaitu tepung sagu, tepung beras dan perasa pandan. Ciri khas kue talam adalah warna putih di bagian atasnya dan hijaunya di bagian bawahnya.

Itulah daftar jajanan-jajanan yang sehat dan tak kalah enak dari jajanan-jajanan anak jaman sekarang, untuk kalian yang ingin mencoba salah satu di antaranya, bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau di toko kue tradisional terdekat di rumahmu.

Terima kasih, semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Hokben Sekarang Hadir di Soehat Malang Dengan Menu Baru Spicy Teriyaki

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.





8 komentar:

  1. Aku penyuka klepon garis keras mba... Enak sih. Sebenarnya, jajanan tradisionalpun..bisa trlihat cantik dan menarik kok .Yang penting ngemasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba semakin bagus dan modern kemasannya, semakin banyak juga peminatnya ya :)

      Hapus
  2. waaah ini sech makanan favorit...sukaaa klepon..lopis juga tapi di tegal jarang ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kapan-kapan main ke Malang mbak, di Malang banyak :D

      Hapus
  3. Pengen ke malang buat nyobain semua jajanan itu :D

    BalasHapus
  4. Semua jajanannya favoritku nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, saya juga suka loh mbak kebetulan :)

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877