Latest News

4 Kesenian Khas Malang yang Perlu Kamu Tahu







Wisata Malang - Malang tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan saja, ternyata Malang juga memiliki berbagai kesenian yang masih ada dan dipertahankan sampai sekarang ini. Tidak hanya dikenal di Indonesia saja, bahkan keseniannya juga sampai ke mancanegara. Bahkan setiap tahunnya diadakan festival untuk memperkenalkan kebudayaan Malang. Di Malang juga ada festival tahunan yang diadakan seperti festival Malang kembali yang digelar mulai 24-27 Mei 2012 yang tidak hanya memperkenalkan kuliner khas malang saja, tetapi juga kesenian khas Malang.

Sebagai penduduk Malang, saya juga sering mengikuti festival-festival yang ada. Biasanya sebelum maupun sesudah 17 Agustus, akan diadakan karnaval. Setiap warga sangat antusias dalam menyambutnya. Biasanya karnaval diadakan oleh warga, sekolah, organisasi maupun institusi. Sekolah-sekolah bahkan mengadakan karnaval dengan pesertanya murid, guru maupun karyawan sekolah. Karnaval diadakan di jalan raya, dan dibantu aparat kepolisian sehingga aman dan tertib. Selain karnaval, Malang juga memiliki berbagai kesenian. Berikut ini beberapa kesenian yang ada di Malang :

1. Batik Malang
Indonesia dikenal dengan berbagai batiknya yang indah. Salah satu batik yang terkenal ialah batik Malang. Sesuai dengan namanya, batik ini berasal dari Malang. Batik yang ada di daerah Malang berbagai macam bentuknya tergantung daerah batik itu berasal. Batik merupakan salah satu bentuk ekspresi kedaerahan yang melambangkan identitas daerah Malang. Batik Malang juga sering digunakan pada acara adat. Motif yang sering dipakai ialah motif batik Sido Mukti Malang.

Batik ini memiliki motif kotak putih bagian tengah yang sering disebut dengan modhang koro. Selain itu, ada juga batik motif Malang yaitu batik kembang kopi, kembang mayang, kembang jeruk dan masih banyak lagi. Batik motif Malang juga tersebut dibuat berdasarkan motif-motif candi seperti candi hindu peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan. Motifnya juga memiliki komposisi perpaduan motif di antaranya mahkota, mahkota, tugu, arca, bunga teratai dan masih banyak lagi.

Sumber Google





2. Ludruk Malang
Sejarah Ludruk Malang terlahir perlawanan di masa perjuangan oleh tokoh lakon. Ceritanya pun diangkat dari kisah perjuangan sehari-hari era perjuangan. Sekitar tahun 1930 di Malang berdiri ludruk Ojo Dumeh. Pada tahun 1950, ludruk menjadi penghibur utama yang ada di Malang. Pada tahun 1980, organisasi Ludruk sudah banyak yang berkembang. Namun, sekarang hanya tersisa beberapa organisasi Ludruk saja. Banyak seniman ludruk yang berganti profesi dan tempat pementasan yang minim. Walaupun begitu, di Malang masih tersedia beberapa organisasi yang masih bertahan hingga saat ini. Ludruk yang masih terkenal hingga saar ini ialah Armada yang berlokasi di Dampit. Saya sendiri yang sudah tinggal di Malang lumayan lama jarang menyaksikan Ludruk.
Sumber Google


3. Topeng Monyet
Siapa yang tidak kenal kesenian topeng monyet, tidak hanya di Malang saja, di beberapa daerah Indonesia juga ada topeng monyet. Tapi, topeng monyet yang ada di Malang berbeda dari yang ada di daerah-daerah yang ada di Indonesia loh. Yang berbeda ialah atraksi topeng monyet ini diadakan selalu pada hari minggu dan hari libur pagi. Peralatan yang digunakan hanya genderang kecil yang menjadi musik bagi si monyet dalam aksinya.

Atraksi ini dapat dilihat pada pagi hari libur di jalan besar ijen selama festival berlangsung. Kadang di depan rumah juga sering ada atraksi topeng monyet keliling, banyak anak-anak yang menikmatinya. Tingkah lucu monyet dalam melakukan atraksi seperti manusia terlihat sangat pas. Setelah atraksinya selesai, monyet akan meminta langsung bayaran kepada penonton. Namun, tidak perlu takut karena monyet tidak akan menyerang kok.

Sumber Tribun News


4. Topeng Malang
Topeng Malang dikenal sebagai perwakilan budaya Kota Malang. Topeng Malang digunakan sebagai penutup wajah yang digunakan dalam pertunjukan wayang topeng. Selain pertunjukan wayang topeng, topeng Malang juga digunakan dalam pergelaran tari topeng. Tari topeng mulai muncul tahun 1898. Beberapa ragam jenis topeng Malang yaitu hias urnan (pada bagian kening), dahi, dan jamang ( tutup kepala ). Bahkan di Malang sering diadakan festival yang akan menjual topeng Malang selama acara. Tapi, tidak perlu khawatir selain di acara festival, kalian juga bisa kok membeli topeng Malang untuk oleh-oleh.

Topeng Malang merupakan salah satu kesenian peninggalan nenek moyang yang tumbuh dan hidup di lingkungan masyarakat kota Malang. Bukan hanya sebagai hiburan saja, kesenian merupakan aset bangsa yang harus dipertahankan. Agar generasi berikutnya juga dapat menikmati kesenian tersebut.
Sumber Google

Nah, itu beberapa kesenian Malang yang masih bertahan. Gimana? Apa kalian pengen melihatnya langsung? Jika ke Malang sempatkan waktu untuk melihat kesenian-kesenian tersebut ya. Kesenian-kesenian seperti itu harus dipertahankan dan dilestarikan agar anak cucu kita dapat menikmatinya juga.
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



9 komentar:

  1. Kemaren pas ke Malang gak sempat berburu batik Malang.. Ntar deh kalo ke Malang lg saya mau eksplor..

    BalasHapus
  2. Di malang ada jg ya topeng monyet, hiburan aku masa kecil

    BalasHapus
  3. Aku tertarik pengin punya topeng khas Malang buat koleksi.
    Meski saat ke Malang kemarin ngga ketemu toko souvenir penjual topeng, tapi cukup puas lihat tampilannya berukuran besar ditempel gerbong kereta arah keluar area Museum Angkut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehe Iya, sebenarnya banyak loh yang jual. harganya juga gak terlalu mahal:)

      Hapus
  4. Wuih...., Keren. Monyetnya naik motor. Besok-besok bisa naik mobil tuh, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh :) Bisa juga tuh mbak kalau diajarin :)

      Hapus
  5. Dimanakah bisa menonton kesenian di Malang? Dimana bisa mendapatkan program kesenian di Malang? Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877