Latest News

Ekonomi Kreatif Desa Pujon Kidul






Wisata Malang - Pembukaan pameran potensi desa wisata di desa Pujon Kidul Kabupaten Malang, dibuka dan diresmikan oleh Bapak Bupati Rendra Kresna beserta jajarannya. Dalam acara tersebut  diikuti oleh 14 desa wisata yang ada di Kabupaten Malang dan 1 Pokdarwis (kelompok sadar wisata) dari Desa Ngadirejo Jabung yang sudah berpotensi masuk kategori desa wisata. Ada 24 Pokdarwis di Kabupaten Malang ini.

Baca Juga : Mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul

Pokdarwis merupakan asosiasi desa wisata yang selalu mengadakan pertemuan 3-4 bulan sekali, guna memecahkan segala permasalahan yang menyangkut desa wisata ini. Mengingat Kabupaten Malang memiliki 378 desa dan 12 kelurahan. Merupakan daerah terluas nomor 2 di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Hal ini disampaikan oleh Ibu Lani Masruroh selaku Kepala Bidang Objek Wisata Kabupaten Malang dalam diskusi gayeng di pagi hari para blogger Jatim yang menginap  di rumah milik Ibu Sutinah salah satu warga desa Pujon Kidul.







Di acara pameran potensi desa wisata ini, mereka menampilkan berbagai macam  potensi  wilayah desanya, dari keindahan panorama alamnya, aneka ragam hasil buminya, kreasi olahan makanan dan  hasil kreativitas daur ulang. Mereka kemas dengan sangat rapi dan apik di stan masing-masing. Ada 19 stan yang disediakan panitia, 3 di antaranya ditempati Bank BNI 46, Bank BNI dan Bank Jatim. 

Baca Juga : Kampung Jeruk. Wisata Terbaru di Malang

Selain stan untuk peserta desa wisata, ada juga stan yang disediakan untuk warga desa  Pujon Kidul berjualan : stan warung tempo doeloe namanya, didesain secara unik. Menampilkan kesan warung zaman dulu/tradisional. Kalau stan peserta desa wisata terbuat dari tenda kain yang disanggah dengan besi, sedang stan warung tempo dulu terbuat dari bambu, anyaman bambu juga ijuk. Menu makanan yang dijual juga makanan tradisional dengan penyajian tradisional juga. Misalnya tempat makan minumnya dari batok kelapa, kemudian alat penerangannya pakai lampu templok/ petromak.


Selain makanan dijual pula perkakas dapur tradional, seperti cobek dari tanah liat, kendi dari tanah liat, lumpang dari kayu, centong nasi, sayur, cangkir dari batok kelapa, wakul/tempat nasi dari anyaman bambu,dll.  Bahkan yang berjualan pun memakai busana mode zaman dulu. Berkebaya, rambut dikepang dua, sangat unik sekali. Pemandangan yang sangat menarik di zaman modern ini.
Suasana-suasana tradisional yang ditonjolkan seperti inilah yang  diharapkan mampu menarik daya minat wisatawan asing maupun wisatawan nusantara untuk datang berkunjung. Dari kunjungan tersebut akan mendatangkan pendapatan dari sebuah desa wisata. Terciptalah ekonomi kreatif dalam desa tersebut, dan inilah yang terjadi di desa Pujon Kidul, sehingga desa ini mampu menjadi desa wisata percontohan dan dipilih sebagai tempat digelarnya acara pameran potensi desa wisata di Kabupaten Malang.

(Anna Nirwana http://sahabatandaberkarya.blogspot.com)

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar. Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877




2 komentar:

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877