Latest News

Ikon Wisata Ibu Kota Kabupaten Malang






Wisata Malang - Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Malang sendiri merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Timur, setelah Kabupaten Banyuwangi dan juga merupakan kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sukabumi di Provinsi Jawa Barat. Hal itulah yang menjadikan Kabupaten Malang menjadi kabupaten dengan populasi terbesar di Jawa Timur.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Malang merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, oleh karena itu Kabupaten Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Bersama dengan Kota Batu dan Kota Malang, Kabupaten Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang).

Ibu Kota Kabupaten Malang terletak di Kepanjen. Kepanjen adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten MalangProvinsi Jawa TimurIndonesia. Kecamatan Kepanjen terletak 20 km sebelah selatan Kota Malang. Sejak 2008, Kepanjen merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Malang. Bersama dengan Lawang dan Singosari, Kepanjen dikenal sebagai kota satelit penyangga utama Kota Malang, yang termasuk dalam kawasan Malang Raya.

Sejak menjadi Ibu Kota Kabupaten Malang, Kepanjen mengalami pertumbuhan yang bisa dibilang sangat pesat dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang pariwisata. Kepanjen memiliki daya tarik tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. Berikut ini mari kita bahas Ikon Wisata Ibu Kota Kabupaten Malang ini.





Stadion Kanjuruhan
Stadion Kanjuruhan merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Kecamatan KepanjenKabupaten MalangJawa TimurIndonesia. Stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 40.000 lebih penonton. Stadion ini merupakan markas kesebelasan sepak bola asal Malang Raya, yaitu Arema Malang atau yang dikenal dengan sebutan Ongis Nade (Singo Edan). Stadion Kanjuruhan ini dibangun sejak tahun 1997 dengan biaya lebih dari 35 miliar rupiah.

Pada tanggal 9 Juni 2004, stadion ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, saat pembukaan digelar pertandingan kompetisi Divisi Satu Liga Pertamina tahun 2004, antara Arema melawan PSS Sleman. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Arema 1-0. Stadion Kanjuruhan dan Arema Malang merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya telah melegenda dan menjadi ikon Malang pada umumnya, dan Kepanjen pada khususnya.

Stadion Kanjuruhan bisa dikatakan  tidak pernah sepi pengunjung. Ribuan Aremania dan Aremanita (sebutan pendukung klub Arema Malang) dengan setia meramaikan stadion Kanjuruhan setiap klub kesayangan mereka bertanding. Tidak hanya itu, di hari biasa masyarakat juga tak bosan mengunjungi stadion ini. Apalagi saat hari libur tiba, dari pagi hingga petang stadion Kanjuruhan tidak pernah terlihat sepi.

Hanya dengan membayar uang masuk 1000 rupiah dan membayar uang parkir 2000 rupiah saja (bagi pengguna sepeda motor), kita sudah bisa menikmati suasana di area Stadion Kanjuruhan. Ada berbagai permainan anak seperti komedi putar, kereta api mini, sepeda motor mini, dan lain sebagainya yang tersedia di area luar stadion kanjuruhan yang bisa dibilang sangat luas. Tidak hanya itu, terdapat berbagai macam penjual yang menggelar dagangannya di area yang telah disediakan. Mulai dari penjual makanan, aksesoris, sendal dan sepatu, jilbab, hingga berbagai macam pakaian untuk anak, remaja, hingga dewasa.

Stadion ini bisa dikunjungi 24 jam ya, hehe. Maksutnya, di pagi hari hingga malam hari stadion ini memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya saja saat pagi dan sore hari, stadion ini cocok untuk kalian yang ingin berolah raga atau hanya sekedar jalan-jalan santai, karena udara disana juga lumayan sejuk. Sedangkan di malam hari kita bisa bermain bersama anak-anak di berbagai permainan yang tersedia, atau sekedar ingin berbelanja hehe. Dan soal kuliner jangan ditanya lagi deh, ada banyak pilihan yang enak dan murah, hehe. Oh iya, jangan lupa untuk berfoto saat mengunjungi Kandang Singa (sebutan untuk markas Arema Malang) ini. Karena tempat ini juga memiliki spot foto yang instagramable lo, hehe.

Bagaimana, apakah anda tertarik mengunjungi Kandang Singa ini? Hehe

 Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stadion_Kanjuruhan
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Malang



6 komentar:

  1. Aku juga pernah ke stadion kanjuruhan beberapa tahun lalu. Anakku penggemar sepakbola jadi setiap singgah ke suatu kota pengen lihat stadionnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa mampir ke Kanjuruhan lagi ya, udah ada beberapa perubahan hehe

      Hapus
  2. sudah lama gak ngajak anak anak kesini... minggu pagi kayanya oke buat olahraga..

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877