Latest News

Tips Memilih Apel yang Manis dan Enak Saat Wisata Petik Apel Malang







Wisata Malang - Malang dikenal sebagai daerah penghasil apel yang khas dan melimpah, hadirnya julukan ini tentu dengan alasan yang cukup kuat. Hal itu disebabkan karena produksi buah apel di Malang memang bisa dikatakan sangat melimpah, khususnya di area Kota Batu dan Poncokusumo, kabupaten Malang. Tak heran selain mendorong munculnya berbagai macam industri pangan yang khusus mengandalkan apel sebagai bahan baku utamanya juga menghadirkan wisata petik apel mandiri.
Aneka olahan apel seperi keripik, berbagai merk sari apel yang manis, manisan dan sederetan makanan lainnya menjadi ciri khas apel Malang yang terkenal ke seatero negeri. Sekalipun olahan apelnya juga sudah enak, tetapi banyak juga yang memilih apel segar saat wisata petik apel. Lalu bagaimana tipsnya supaya mendapatkan apel yang bagus-bagus dan manis?





-  Periksa kekerasan permukaan apel
Caranya adalah dengan menekan secara lembut buah apel yang dipilih. Apabila semua bagian buah apel itu terasa keras, itu berarti buah apel memiliki kualitas yang baik di dalamnya. Kemudian cobalah menghindari apel yang terasa lembut, apalagi yang sudah berubah warna atau bahkan melepuh dengan cepat saat ditekan, itu tandanya terlalu matang dan cenderung busuk.
-   Periksalah tampilan apel
Kemudian setelah memeriksa kekerasan permukaan apel, maka sangat penting pula untuk memperhatikan penampilan apel dengan saksama. Ada beberapa tanda pada buah apel seperti misalnya bintik-bintik hitam yang berasal dari alam dan hal itu tak berpengaruh pada apel. Tetapi hindari buah apel dengan memar, sebab itu tanda dari pembusukan dan dagingnya pun sudah tak manis lagi.


-    Lihat sekilas warna apel
Sekalipun warna apel tak bisa menjadi indikator utama untuk bisa mendapatkan kualitas apel yang paling baik, akan tetapi cara yang satu ini juga cukup efektif kok. Sebagai contoh misalnya varietas apel merah, cobalah memilih warna yang gelap. Sebab warna gelap menandakan apel tersebut telah menyerap cukup banyak sinar matahari dan hal itu membuat rasanya lebih enak dibanding yang merahnya terang.

-    Hiruplah aroma apel
Sebab apel segar dengan kualitas yang baik akan memiliki aroma yang kuat. Jika aroma yang dikeluarkan apel terasa menyenangkan dan kuat maka apel tersebut layak konsumsi.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.




20 komentar:

  1. Saya gak suka makan apel kalau dimakan begitu aja. Lebih suka diolah. Dan apel yang paling enak buat diolah adalah apel malang karena ada rasa asamnya. Bikin segar :)

    BalasHapus
  2. Aku sukaaaa pwoll dengan apel Malang Mbak. Tiap beli apel, pasti nanyak apel malang dan kalau gak ada ya gak jadi beli apel. Biasanya caraku milih pakai metode yang pertama: kekerasan apel, kalau ada bagian yang terasa empuk/tdk keras saat kutekan, berrati gak jd dipilih si apel tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah gak bisa bedain, Mbak. Biasanya suamiku yang pilih. :'D

      Hapus
  3. apel yang manis itu dari aromanya pun terasa...

    BalasHapus
  4. Kalo untuk menghirup aroma apel saya jarang lakukan, paling memeriksa tampilannya saja. Kalo udah ranum tandanya udah matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kalau ibu2, biasanya ahli milih buah yang bagus. :D

      Hapus
  5. Jadi warna apel malang ga melulu hijau ya mba, ada yang agak merah juga nih aku baru tau

    BalasHapus
  6. waw.. mba anisa. Apelnya menggiurkan aku pernah ke Malang tapi belum ke wisata petik Apel nya, mau dong dikirimin apel malang #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke sini, yuk, Mbak? Kalau dikirim, takutnya busuk di jalan. Hehehehe :D

      Hapus
  7. bener bener kak.... aku kalo beli apel suka nyiumin.. tapi blm pernah sih ngecek kekerasannya... kalo memar sih udah keliatan ya kalo kurang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kalau memar, dalamnya udah busuk biasanya.

      Hapus
  8. Soalnya...menggoda mba.
    Makasih tipsnya... tp paling gmpng dilihat...lihat warna/tampilannya ya mba.

    Ah..tiba2 pengen apel.

    BalasHapus
  9. Waw, jadi kangen main ke malang lagi, petik apel sendiri dan milih2 yang disuka sampe puas. Hehe

    BalasHapus
  10. Makasih tips-nya Mba.. aku suka banget apel tapi kalau beli sering salah pilih :(

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877