Latest News

Wisata Seni di Kampung Keramik Dinoyo





Kampung Wisata Keramik Dinoyo
Kampung Wisata Keramik Dinoyo
  Wisata Malang - Jika kita berwisata ke Kota Malang, tak akan terasa lengkap jika kita tidak menyempatkan diri datang ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Seperti nama yang telah disandang itu, memang masyarakat di wilayah ini memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin keramik sekaligus sebagai penjual keramik. Jangan heran jika kita datang kesini akan disuguhi dengan sederet toko yang memajang aneka macam keramik yang unik, cantik dan bernilai seni tinggi.

Sejak tahun 1957, Kampung Wisata Keramik Dinoyo ini sudah mulai muncul ke permukaan. Asalnya masyarakat lokal biasa memproduks gerabah yang sederhana saja untuk digunakan sebagai perlengkapan rumah tangga sehari-hari. Kemudian setelah pengaruh keramik asal Cina masuk ke Nusantara, maka masyarakat pun mulai menggabungkan keduanya menjadi keramik lokal semi poselen. Bahkan sampai saat ini perpaduan ini masih digunakan oleh para pengrajin keramik lokal.

Baca Juga: Festival Kampung Cemplok 

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
Kampung Wisata Keramik Dinoyo





Memasuki bagian depan kampung wisata, maka kita akan disambut dengan adanya sebuah taman kecil yang bertuliskan 'Kampung Wisata Keramik Dinoyo'. Dengan adanya sederetan toko yang memajang berbagai jenis keramik yang lucu dan cantik telah sukses memberikan sensasi keindahan tersendiri. Bahkan saat kita masuk ke dalam toko tersebut, ada berbagai macam jenis keramik yang lucu dan jauh lebih cantik telah menanti untuk dibawa pulang, harganya pun bisa dibilang sangat ramah di kantong.

Bukan cuma menyediakan berbagai keramik saja, kita juga bisa mendapatkan banyak sekali souvenir dan kreasi untuk wedding serta berbagai kesempatan lainnya dengan harga grosir disini. Kampng Keramik Dinoyo ini memang recommended sebagai pembuatan souvenir custom.

Baca Juga: Grebeg Tengger Tirtoaji

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
Kampung Wisata Keramik Dinoyo
Yang jadi kelebihan dari keramik khas Diyono adalah terletak pada corak dan desainnya. Serta pada warna-warna natural yang ditonjolkan pada produk keramik mereka. Kebanyakan produk dipercantik dengan motif bunga serta dedaunan ditambah dengan warna yang sejuk di mata. Secara umum, keramik Dinoyo ini terbuat dari porselen dan tanah liat.  Selain itu, pengrajin juga ada yang membuat 
keramik dengan menggunakan glatsir atau bahan keramik mentah supaya hasilnya jauh lebih cantik. 

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



6 komentar:

  1. Wah kreatif banget ya mbak mereka :D

    BalasHapus
  2. Termasuk vas bunga juga ada ya? Jadi pengen mampir sini kalau ke Malang.

    BalasHapus
  3. ih keramiknya lucu2.... *untung gak di sana... bisa kalaaaap*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, rasanya jadi pengen culik Mbak ke sini. Hehehehehe :D Keramiknya emang lucu2, Mbak. Unik pula. Pusatnya memang, ya?

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877