Latest News

Edy Antoro Populerkan Batu Sebagai Kota Apel ke Seluruh Dunia






Wisata Malang - Sejak kita bisa melek, kita tahu jika kota Batu terkenal sebagai kota apel. Tapi tahukah jika kota apel ini bukan sembarang comot saja? Ada sebuah sejarah panjang yang mengiringi proses penyematan titel kota apel tersebut. Tanpa sosok Edy Antoro (56), Kota Batu hanyalah Kota Batu, yang dengan segala kekurangan dan kelebihannya, tanpa titel kota buah dan sejarah hebat mengenai perjuangan memajukan kota tersebut.

Sudah pernah dengar wisata petik holtikultura di Kota Batu? Memetik apel, stoberi, jeruk dan lainnya ini diprakarsai oleh Kusuma Agrowisata Group, pertama kali di Jawa Timur. Dari lima divisi yang bernaung dalam Kusuma Agrowisata Group, memiliki tiga ribu karyawan dan sekitar 90%-nya merupakan warga kota Batu dan sekitarnya, Edy Antoro merupakan direktur utama mereka.

Baca Juga : Sudah Tahu Asal-Usul Nama Malang?

Mencangkul tanah yang tandus dan gersang, berupaya keras menanami lahan milik mertuanya seluas 2,5 hektar di sisi selatan kota Batu yang tandus, sejak 1988 selama tiga tahun berturut-turut berusaha menanami lahan yang bisa digunakan orang untuk mencari batu tersebut dengan apel. Saat itu ia berniat untuk menanami lahan dengan kopi Arabica, berhubung ia memiliki pengalaman di bidang itu, tetapi melihat petani di sisi utara Batu berhasil menanam apel, maka ia pun berusaha menanami lahannya dengan apel walau ditertawakan penduduk.





Tahun 1989 lahan tandus itu ditanami apel, jauh dari pemukiman, jauh dari sumber air dan terpencil, bahkan untuk pengairan saja Edy memasang PDAM. Bersama dengan 60 pekerja, ia harus menelan kecewa sebab sekitar 40% pohon apel yang ia tanam mati di sesi penanaman pertama. Bahkan saat berhasil panen pun, harga yang ditaksir para tengkulak hanya seribu lima ratus dari harga sekilo apel yang lima ribu. Sejak itu ia berniat membuka sendiri supermarket buah di lahannya tersebut.

Baca Juga : Pasar Splendid, Hutannya Satwa di Tengah Kota Malang

Tahun 1992 mimpi itu terwujud, sejak saat itu pengunjung mulai berdatangan, listrik masuk kesana, hotel mulai dibangun dan kota Batu akhirnya mulai terkenal menjadi kota Apel hingga saat ini. Tertarik petik apel sendiri?

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar. Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877



8 komentar:

  1. Yaa ampun dah lama banget ngak makan apel malang ihik ihik
    padahal dulu kecil nya sering banget piknik ke malang

    BalasHapus
  2. ah jadi pengen nyoba wisata petik apel sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada petik jeruk juga lho di sini

      Hapus
  3. Oh ternyata bapak edy ya mbak yang memperkenalkan kota batu sebagai kota penghasil apel keren ya tapi apelnya juga enak.

    BalasHapus
  4. seperti apa ya apel malang ....selama ini hanya denger namanya saja ....nunggu admin nganterin apel malang ah

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877