Latest News

5 Tips Travelling Bermotor dengan Gamis







Sekarang ini kemacetan lalu lintas di kota-kota sudah menjadi hal yang umum. Mau pagi, siang, sore maupun malam tetap saja kemacetan ini tidak menghilang, apalagi saat jam para karyawan mau masuk kerja atau pulang kerja, kemacetan akan semakin parah. Sehingga tak jarang untuk jarak 15 kilometer bisa dua jam lebih perjalanan. Nah, salah satu solusi bagi sahabat muslimah yang aktif dan sibuk di luar, satu-satunya jalan untuk mempersingkat waktu perjalanan yaitu dengan mengendarai motor sendiri.
Dengan kendaraan sepeda motor ini Anda bisa lebih mudah untuk mengambil jalan-jalan dan celah yang sempit saat mobil atau angkutan tidak bisa lewat. Namun ada kendalanya yaitu harus memperhatikan busana muslimah yaitu gamis yang dipakainya agar tidak tampak aurat karena tersingkap secara tak sengaja, ataupun hal-hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan sahabat.

Baca Juga : Olahraga Seru di Paralayang Batu

Berikut tips bepergian bagi muslimah yang memakai gamis:

1. Jangan terlalu berlebihan dalam memakai gamis
Saat naik sepeda motor adalah waktu dimana kondisi keamanan Anda berkurang drastis, dan banyak terjadi kejahatan yang diakibatkan karena kelengahan dari sang korban saat mengendarai sepeda motor seperti meletakkan tas di belakang, menggunakan busana dan perhiasan yang mencolok, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pakailah gamis yang tidak berlebihan, gunakan jaket atau blazer maupun outer agar tidak masuk angin, dan gunakan gamis yang berbahan dingin seperti dari bahan katun jepang, jersey atau sutra yang adem. Banyak yang jual baju gamis murah misal di MatahariMall.






2. Selalu menggunakan dalaman legging atau celana panjang
Saat berkendara Anda tidak mungkin melihat kondisi gamis, apakah aman atau tersingkap. Nah, untuk menghindari aurat terlihat karena tidak sengaja, maka selalu gunakanalah legging atau celana panjang untuk dalaman gamis Anda. Hal ini akan jauh lebih aman.

3. Selalu memakai kaos kaki yang menutup sampai ke legging
Kaos kaki adalah pelengkap busana muslimah yang saat ini sudah menjadi wajib hukumnya dalam berbusana syar'i. Dengan memakai kaos kaki maka tidak akan ada perasaan was-was saat bepergian, apalagi mengendarai sepeda motor karena seluruh kaki yang juga merupakan salah satu bagian aurat sudah tertutup dengan sempurna. Selain itu dengan menggunakan kaos kaki Anda bisa terhindar dari teriknya matahari di siang hari yang bisa merusak kulit bahkan menjadikan kulit gelap.

Baca Juga : Seleksi Joko Roro Tahap II

4. Jagalah agar gamis tidak tersangkut
Tips berikutnya bagi muslimah yang mengendarai motor untuk bepergaian dan memakai gamis, yaitu menjaga pakaia agar tidak tersangkut, baik di bagian sepeda motor maupun parahnya masuk ke dalam roda sepeda motor. Hal ini karena gamis yang cukup lebhar dan longgar sehingga terkadang ujung gamis dapat masuk ke dalam roda sepeda motor. Ada beberapa kejadian saat muslimah mengendarai motor, ternyata ujung gamis masuk ke roda sehingga sobek. Untuk itu Anda harus memilih gamis yang tidak lebar pada bagian ujungnya. Gunakan gamis yang lurus dari atas ke bawah, bukan yang mekar ke bawah.

5. Membawa gamis cadangan/pengganti
Mengendarai sepeda moktor itu berarti Anda tidak terlindung secara penuh dari sinar matahari meski semua bagian tubuh tertutup. Di saat kondisi musim panas, matahari bersinar sangat terik, keringat akan semakin banyak diproduksi oleh tubuh. Maka kulit akan menjadi basah begitupun dengan gamis yang dipakai. Nah, keringat ini biasanya menimbulkan bau yang tak sedap pada gamis terutama di area ketiak ke atas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu untuk membawa gamis pengganti saat pelakukan traveling dengan menggunakan sepeda motor.

Baca Juga : Batu Night Spectacular

Demikianlah tips cerdas untuk Anda saat bepergian dengan menggunakan sepeda motor. Dengan melakukan tips ini diharapkan Anda lebih cermat saat memilih gamis untuk perjalanan menggunakan motor.





6 komentar:

  1. haha, jd inget saya bun pernh pakek gamis mau kondangan temen naek motor udh gtu pake sandal high hill :D udh kesangkut di gigi mtor, jatohh pulak nabrak batu akhirnya kaki keseleeoo :D malunyaaaa ittuu ya ampuun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, pengalaman lucu ya? :D

      Hapus
  2. Semua tips di atas harus di perhatikan apalagi menjaga gamis agar tidak tersangkut itu harus di perhatikan banget karena menyangkut keselamatan

    BalasHapus
  3. Saya pakai semua tipsnya itu, Mbak. Sehari2 saya kalau gak pakai gamis ya pakai rok, dan sehari2 saya selalu naik motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau tipsnya kepake ^^

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877