Latest News

Tradisi Ritual Satu Suro di Gunung Kawi







Wisata Malang - Kabupaten Malang memiliki satu objek wisata religi yang sudah sangat terkenal namanya. Pesarean Gunung Kawi itulah yang dimaksud. Objek wisata religi ini  terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, atau berada di lereng selatan Gunung Kawi. Dari kota Malang sekitar 38 km, bisa ditempuh selama 1-1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.  

Lokasi pesarean Gunung Kawi berada di lingkungan pemukiman padat penduduk, layaknya perkampungan di atas bukit yang ramai. Di daerah ini terdapat satu adat istiadat penduduk sekitar dan masih dijalankan sampai sekarang, yang dikenal dengan ritual satu suroan.

Baca Juga : Grebeg Tengger Tirtoaji, Wisata Budaya Kab Malang






Ritual ini dilakukan dengan cara melakukan kirab budaya yang atraktif. Pesertanya adalah warga setempat yang berjumlah sekitar 15 kontingen. Tiap kontingen diikuti oleh satu RW. Dalam kirab tersebut disajikan aneka tarian, pakaian adat, barongsai, hadrah dan tontonan menarik lainnya. Ritual ini bertujuan sebagai bentuk wujud syukur warga setempat kepada Sang Pencipta alam semesta.


Yang tidak boleh ketinggalan dalam acara ini adalah iring-iringan pembawa replika patung buto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ogoh- ogoh. Replika patung buto yang cukup besar tersebut pada akhirnya nanti akan dibakar dan disaksikan oleh banyak orang. Pembakaran replika patung buto ini dilakukan sebagai simbol pembakaran nafsu angkara murka yang ada pada sosok manusia.


Acara ritual atau kirab budaya suroan ini terbilang sangat ramai. Tidak salah kalau jalan menuju ke lokasi acara ini sulit ditempuh dengan kendaraan roda empat. Banyak halaman warga sekitar yang dijadikan sebagai tempat parkir dadakan. Acara kirab ini diliput tidak hanya oleh media cetak namun juga media elektronik. Bahkan Bapak Rendra, selaku Bupati kabupaten Malang selalu ikut serta menghadiri acara ritual satu suro ini.

Baca Juga : Festival Kampung Cempluk

Untuk masalah akomodasi, pengunjung yang datang ke tempat ini akan menemukan banyak fasilitas yang disediakan penduduk sekitar, mulai dari warung, tempat menginap dan fasilitas pendukung lainnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi untuk datang dan menyaksikan acara ritual satu suro di tempat ini.





4 komentar:

  1. Acara satu suronya rame ya mbak...ternyata ada barongsai juga...

    BalasHapus
  2. Kirab 1 suro di sana rame ya.. Aku pernah lihat tayangan kirab 1 suro di teve..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mbak. :D Macam karnaval gitu

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877