Latest News

Festival Kampung Cempluk






Festival Kampung Cempluk
Festival Kampung Cempluk

Wisata Malang - Festival Kampung Cempluk adalah agenda tahunan yang diadakan oleh masyarakat Kampung Cempluk dalam rangka pelestarian kesenian yang tumbuh subur di negara ini. Festival yang mewadahi seniman lokal maupun seniman luar kota ini menyuguhkan berbagai macam kesenian dan kearifan lokal yang ada di Malang dan sekitarnya. Berbagai macam kesenian dikemas dalam sebuah pesta rakyat yang mengusung tema Kampung Cempluk tempo dulu. Segala dekorasi dan konsep acara mengacu pada keadaan Kampung Cempluk beberapa tahun silam yang menjadikan cempluk sebagai alat penerangan utama.






Bersamaan dengan terjalinnya kerjasama antara masyarakat Kampung Cempluk dan mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Seni dan Desain, maka lahirlah sebuah malam perhelatan mahakarya masyarakat Kampung Cempluk yang berkonsepkan “Road to Festival Kampung Cempluk 2016” di mana malam itu merupakan serangkaian acara menuju Kampung Cempluk 2016.

Baca Juga : Siaran Pers Komunitas Urip-Urip

Festival Kampung Cempluk
Festival Kampung Cempluk

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 7 Mei 2016 di Jl. Dieng Atas Dusun Sumberjo Desa Kalisongo, Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh muda-mudi karang taruna RT.01 dan RT.02 Kampung Cempluk, dibantu oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Seni dan Desain Program Sutudi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Juga diikuti oleh masyarakat Kampung Cempluk yang terdiri dari anak usia dini, ibu-ibu PKK, anak remaja dan dewasa.
Sesuai dengan judul yang diusung, kegiatan ini merupakan serangkaian acara menuju Festival Kampung Cempluk 2016 yang menampilkan hasil pelatihan mahasiswa Universitas Negeri Malang tentang prosesi pembukaan Festival Kampung Cempluk yang akan dilaksanakan pada bulan November 2016 mendatang.

Festival Kampung Cempluk
Festival Kampung Cempluk

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
- Sebagai bahan apresiasi dan pendidikan seni kepada masyarakat.
- Membantu upaya pelestarian budaya bangsa di bidang seni tari dan musik.
- Meningkatkan terciptanya peluang pariwisata lokal





14 komentar:

  1. Seru banget ya mbak, budaya dari daerahnya sangat kental sekali di dalam pelaksanaan festival ini, hmm mungkin ini bisa jadi salah satu pengenalan untuk anak muda agar bisa mengenal kebudayaan daerahnya masing masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan nunggu sampai diklaim oleh negara lain dulu :)

      Hapus
  2. Waw acaranya seru banget, tarian tradisional yang sangat unik sekali, di kampung saya tidak punya tarian tradisionalnya .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sepertinya tiap daerah ada deh

      Hapus
  3. kayanya malang gak cukup sehari deh buat muter" wisatanya, ada aja yang keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Main ke sini, ya? :D

      Hapus
  4. waow sangat senang sekali saya mbak. yang ikut vestifal masih anak anak. artinya ciri bangsa sebagai bangsa yang mejemuk dengan segala kearifan lokal akan tetap terjaga... sukses poko nya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga yang dewasa kok :D

      Hapus
  5. Namanya kok Cempluk ya Mbak. Artinya cempluk itu apa? Hihi, kepo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, cempluk itu bahasa indonesianya lentera. Tapi yang kecil,

      Hapus
  6. satu lagi destinasi wisata di Kota Malang sedang dibangun, dengan mengadakan Festival Kampung Cempluk, semoga Festival ini akan terus berlangsung dan menjadi budaya khususnya untuk Kampung Cempluk dong ah...umumnya untuk seluruh masyarakat Kota Malang kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga akan terus ada tanpa tergerus zaman.

      Hapus
  7. Pengisi acaranya sepertinya anak-anak ya mbak?

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877