Latest News

Masjid Tiban yang Ekslusif dan Legendaris






Masjid Tiban Turen

Wisatamalangku.com - Disebut Masjid Tiban karena penduduk sekitar tidak pernah melihat proses pembangunannya. Tahu-tahu seluruh komplek pesantren termasuk Masjid Tiban ‘muncul’ begitu saja di antara pemukiman penduduk yang padat seperti jatuh dari langit. Isu yang beredar Masjid Tiban dibangun oleh jin dalam semalam karena tidak pernah terlihat ada aktivitas peralatan berat seperti crane atau molen pengaduk semen yang besar. Padahal bangunannya memiliki 10 lantai, benar-benar ajaib dan tidak masuk akal. 

Masjid Tiban akhir akhir ini dijadikan sebagai paket wisata religi oleh kebanyakan orang. Hal ini salah satunya dikarenakan kemegahan serta keunikan desain bangunan yang sulit ditemukan bandingannya. Sebenarnya, dalam kompleks ini ada 3 spot utama. Pertama adalah sebuah masjid yang berukuran tidak begitu besar, yang kedua adalah pondok pesantren yang menjulang tinggi sampai 10 lantai, dan yang terakhir adalah maqam pendiri.

Dari 3 titik utama bangunan tersebut, yang paling banyak dikunjungi orang adalah bangunan pondok pesantrennya, untuk masjid dan maqamnya masih sepi pengunjung. Dan bangunan pondok pesantren inilah yang dikenal orang sebagai Masjid Tiban. Sebenarnya tidak salah juga orang menamakan ini, karena dalam bangunan pondok, tepatnya di lantai dasar ada tempat sholat atau bisa disebut masjid.
Lalu sebenarnya apa yang membuat pengunjung berbondong-bondong masuk ke Masjid Tiban ini?
    
Pondok pesantrennya bernama Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang, sekitar 40 kilometer dari Kota Malang.


Masjid Tiban Turen
Pengunjung yang datang dengan mobil atau motor bisa memanfaatkan fasilitas area parkir masjid Tiban yang cukup luas dan tertata rapi. Jalan masuk ke arah pintu gerbang cuma satu arah, dikarenakan lebar jalannya kurang lebih cuma 3 meter dengan panjang jalan sekitar 100 meter. 

Setelah itu kita akan melihat gapura gerbang berupa menara yang indah, menjulang tinggi dengan dominasi warna biru dan putih, mata dan pikiran kita akan dibuat takjub dan bertanya tanya, setengah tidak percaya dengan kemegahan serta keunikan bangunan. 
Memasuki area Majid Tiban kita bisa melihat ada beberapa orang dengan celana panjang dan kopyah hitam serta berbaju putih. Mereka punya tugas masing-masing untuk memfasilitasi pengunjung yang datang. Kalau ditanya, mereka adalah santri di sana dan mengerjakan tugas tersebut secara suka rela.




Sebelum memasuki areanya, kita dihimbau oleh panitia untuk melapor terlebih dahulu, setelah itu akan diberi tanda pengenal yang harus kita kembalikan jika kita ingin pulang.

Di dalam Masjid Tiban memang banyak sekali spot-spot menarik yang bagus untuk dipotret atau sebagai latar belakang foto. Masjid Tiban memadukan gaya arsitektur Jawa dan Timur Tengah. Unsur Jawa terlihat dari ukir ukiran pada dinding dan ornament lainnya, sedangkan unsur Timur Tengah diwakili kaligrafi dan bentuk semua menaranya yang mengingatkan saya pada masjid atau istana di cerita negeri seribu satu dongeng.

Di dalam masjid juga terdapat area terbuka berupa taman dan kolam. Selain memberikan tambahan penerangan, area terbuka ini juga didesain dengan indah. Ada satu kolam yang unik dimana banyak sekali uang receh yang bertaburan di dasarnya. Setiap lantainya tidak terlepas dari hal yang membuat takjub.

Kalau kita ingin membelikan oleh oleh buat keluarga, di lantai atas ada semacam pasar yang menjual beraneka makanan dan suvenir. Terlepas dari mitos asal usul masjid tersebut, yang jelas objek wisata ini bisa dijadikan sebagai ikon wisata religi di Malang. Kalau orang orang dari luar Malang tertarik untuk melihatnya, mengapa kita tidak?

Oleh : Atoxi





6 komentar:

  1. Masjid ini terkenal bnget ya mbk.
    Potonya keren hhee

    BalasHapus
  2. Baru tahu ttg masjid ini, semoga suatu saat diberi kesempatan ke Malang, bisa mengunjungi masjid tiban sekaligus kopdar sama mba Nisa dan mas Ihwan... aamiin

    BalasHapus
  3. Mb bneran ini mesjidnya tiba2 aja muncul tanpa tau bangunny kpan

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877