Latest News

Air Mistis di Candi Sumberawan







Candi Sumberawan sesuai dengan namanya berada di  kawasan hutan nan sejuk yang mana di daerah sekitarnya mudah ditemukan sumber air. Kesejukan udaranya sangat terasa ketika berada di sini. Candi ini masuk dalam kawasan Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, sekitar 5 - 6 kilometer dari Candi Singosari. 

Kawasan hutan yang sunyi ini kadang diusik oleh suara hewan yang tinggal didalamnya. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan ada beberapa orang yang memanfaatkan suasana hutan ini untuk bermeditasi.

Baca Juga : Pesona Air Terjun Sumber Maron Pagelaran

Perjalanan yang harus ditempuh untuk dapat melihat Candi Sumberawan tidaklah mudah, sehingga memakai kendaraan bermotor roda dua adalah pilihan yang tepat. Hal ini salah satunya dikarenakan lokasi Candi Sumberawan sulit ditembus. 

Meskipun demikian, kendaraan roda 2 yang dipakai hendaknya diparkir agak jauh dari lokasi candi. Sehingga pengunjung yang akan mendatanginya harus berjalan kaki menyusuri sawah dan jalan yang berliku. Namun suasana pedesaan yang hijau dan asri akan membuat pengunjung betah menyusuri jalanan tersebut. Kira kira 500 meter atau 15 menit waktu yang ditempuh dari ujung jalan untuk sampai di lokasi Candi. 






Begitu tiba di lokasi, pengunjung akan melewati beberapa warung kecil milik warga, hutan pinus serta beberapa  pohon besar. Candi Sumberawan dikelilingi oleh taman yang cukup luas. Pengunjung yang datang ke sini diharapkan mengisi buku tamu serta memberikan donasi sukarela terlebih dahulu.

Konon, di Candi Sumberawan ini, jika cuci muka di sumber airnya, bisa awet muda dan wajahnya lebih cerah. Namun jangan kaget jika mendapati airnya yang sedingin air es.


Candi Sumberawan sebenarnya adalah stupa Budha, dan satu-satunya situs sejarah berupa stupa yang ada di Malang ataupun bahkan di Jawa Timur. Di sekitar Candi terlihat reruntuhan batu andesit tidak tersusun, yang menurut cerita, batu tersebut adalah stupa yang tidak bisa dipugar lagi.  Pada zaman dahulu, banyak warga yang memberi sesembahan di candi ini. Bahkan Raja Hayam Wuruk pun pernah berkunjung ke kawasan ini.

Baca Juga : Masjid Tiban yang Eksklusif dan Legendaris

Bagaimanapun juga, Candi Sumber Awan ini merupakan satu dari beberapa situs sejarah  milik negara yang perlu untuk dirawat dan dijaga kelestariannya.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877

Oleh : Atoxi 





15 komentar:

  1. Hmm jadi penasaran nih untuk mencobanya tapi saya sih tidak percaya sama yang begituan namun saya hanya pengen lihat saja mbak apakah bagus tempatnya.

    BalasHapus
  2. dari namanya Candi Sumberawan layaknya berdiri diatas awan atau dari candi inilah sumber awan yang ada di kota Malang nan sejuk dengan panorama pemandangan di sekeliling candi nan indah, jika berkesempatan ke kota Malang lagi, mohon saya diantar ke Candi Sumberawan ini yah, sekalian mau tirakat disana cari wangsit ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, siaaaap. Jangan lupa feenya buat guide :p

      Hapus
  3. Saya jadi pensaran pengen ke sana langsung, mbak airnya bisa di minum langsung tidak mbak ?

    BalasHapus
  4. Itu nilai mistisnya kayak gimana pak? Pernah ada cerita-cerita apa dari warga sekitar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya, bikin awet muda gitu. Kan peninggalan zaman kerajaan dulu.

      Hapus
  5. Jadi pengen kesana, pengen awet muda. Bisa gak ya? Maksudnya bisa gak ya, balik ke usia 12 tahun. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, itu mah ngarep banget

      Hapus
  6. Anakku pasti suka kalo diajak ke sini, ntar deh siapin sangu dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jualan cuma dikit kok, sangunya buat transportasi :D

      Hapus
  7. Percaya nggak percaya sih Mak aku baca ini. Hihi. Tapi kalo mampir, sembari menikmati keindahan alamnya mau numpang cuci muka juga ah, nggak ngarep awet muda juga sih tapiiii.. Ehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh ciyus gak ngarep? :p

      Hapus
  8. Di daerah asalku juga banyak kepercayaan mistis kek gini. Entah bener apa nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ternyata sama juga, ya?

      Hapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877